Cawagub Banten Siap Kawal Pembangunan Tol ke Tanjung Lesung

Oleh : Irvan AF | Selasa, 10 Januari 2017 - 06:00 WIB

INDUSTRY.co.id, Pandeglang - Calon Wakil Gubernur Banten Embay Mulya Syarif menyatakan siap mengawal pembangunan jalan tol Serang-Pandeglang, jika bersama pasangannya Rano Karno dipercaya memimpin Provinsi Banten.

"Pembangunan jalan tol Serang-Pandeglang merupakan program pemerintah pusat, untuk mendukung pembentukan KEK Pariwisata Tanjung Lesung, kami siap mengawal agar bisa segera direalisasikan," katanya dihadapkan ratusan pengusaha di Pandeglang, Senin (9/1/2017).

Menurut dia, pembangunan jalan tol, selain mendukung KEK Pariwisata, juga akan memberikan dampak positif pada perkembangan ekonomi di wilayah Banten bagian selatan, yakni Pandeglang dan Lebak.

Pemerintah pusat akan membangun jalan tol diperkirakan akan menghabiskan anggaran sebesar Rp9,57 triliun, dengan rute melewati tiga kabupaten, yakni Serang, Lebak dan Pandeglang.

"Selain jalan tol, kami juga akan berupaya menarik anggaran dari pusat untuk pembangunan di Banten, terutama Pandeglang dan Lebak," katanya.

Untuk itu, ia berharap dukungannya agar pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarif bisa terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur Banten sehingga berbagai program yang telah disusun bisa dilaksanakan.

"Kita sudah menyusun program yang dituangkan dalam visi dan misi, di antaranya mengawal pembangunan jalan tol dan mendorong terealisasinya pemekaran wilayah dan pembentukan daerah otonom baru," katanya.

Embay menyatakan mendukung pembentukan Kabupaten Cilangkahan yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Lebak, dan terbentuknya Kabupaten Cibaliung dan Caringin pemekaran dari Kabupaten Pandeglang.

"Kita akan wujudkan pembentukan tiga daerah otonom baru itu demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah selatan," ujarnya.

Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Banten akan digelar 15 Februari 2017, atau serentak dengan pilkada di daerah lain. Pilgub Banten diikuti dua pasangan calon, yakni Wahidin Halim-Andika Hazrumy dan Rano Karno-Embas Mulya Syarief.

Pasangan Wahidin-Andika diusung tujuh partai politik, yakni Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PKS, PKB, Partai Hanura, dan Partai Amanat Nasional, dengan total kursi di DPRD sebanyak 57 kursi.

Sedangkan Rano-Embay dukung tiga partai, yakni PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Nasdem dengan total 17 kursi di DPRD Provinsi Banten.(ant)