Alokasikan Rp 450 Miliar, LPDB Bentuk Direktorat Syariah

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 09 Januari 2017 - 19:08 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Lembaga Penglola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM akan membentuk Direktorat Syariah. Pihaknya akan mengalokasikan sekitar Rp 450 miliar yang nanti khusus menangani pengajuan pinjaman atau pembiayaan dengan pola syariah.

“Tahun ini, LPDB akan bentuk Direktorat Syariah. Saat ini industri syariah tumbuh 30 persen," ujar Direktur Utama LPDB KUMKM Kemas Danial dalam Jumpa Pers di Gedung LPDB KUMKM, Jakarta, Senin, (9/1/2017).

Berdasarkan data PLDB KUMKM, penyaluran dana bergulir dengan pola syariah mencapai Rp 1,48 triliun atau 18,31 persen sampai 31 Desember 2016. Sedangkan total dana bergulir sebesar Rp 8,08 triliun.

"Kami sudah mengkaji dan mendalami pembentukan direktorat syariah. Selama ini pertumbuhannya besar," jelas Kemas.

Direktur Pengembangan Usaha LPDB Adi Trinojuwono, menandaskan tingkat kredit macet (non performing loan/NPL) LPDB-KUMKM masih di bawah 1 persen. Tahun 2016 NPL sudah turun menjadi 0,44 persen dari sebelumnya 0,47 persen. Karena itu, satgas yang dibentuk di daerah diharapkan bisa menjaga tingkat NPL tersebut.

"Angka keseluruhan belum kami sampaikan, akan tetapi dari yang kami koperasi dominan yang menyumbang NPL, dibandingkan dengan UKM," tandasnya.(iaf)