Anak Usaha Kalbe Farma Luncurkan Laboratorium Klinik Kalgen Innolab

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 20 Januari 2018 - 13:25 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) melalui entitas usaha PT Innolab Sains Internasional (PT ISI) meluncurkan laboratorium klinik Kalgen Innolab.

"Kerja sama dengan mitra asing yang berpengalaman akan memberikan jaminan layanan laboratorium berstandar tinggi sesuai dengan standar Jepang dan akses untuk memanfaatkan jejaring yang sudah ada," kata Direktur Utama Vidjongtius di Jakarta, Jumat (19/1/2018). 

Laboratorium ini akan mengadopsi sistem yang telah dimiliki oleh Health Science Research Institute Inc (HSRI) dan Toyota Tsusho Corporation (TTC). Dilengkapi dengan peralatan canggih, seperti pemeriksanaan molekuler untuk mendukung pengobatan yang lebih presisi.

Laboratorium klinik Kalgen Innolab merupakan usaha patungan investasi asing antara Indonesia dan Jepang. Klinik ini juga sudah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Kesehatan dengan nomor 411/MENKES/PER/III/2010.

Seiring dengan semakin kompleksnya masalah kesehatan dan penyakit, kebutuhan akan pengobatan yang tepat guna terus meningkat. Pemeriksaan diagnostik memegang peranan esensial sebab peningkatan kebutuhan diagnostik belum diikuti dengan pemerataan kualitas antar laboratorium.

Sayangnya, banyak pemeriksaan yang harus dilakukan di luar negeri karena keterbatasan alat dan kompetensi, sehingga turn around time menjadi lebih panjang. PT ISI merupakan perusahaan patungan antara PT Kalbio Global Media  yang merupakan anak usaha kalbe dengan HSRI dan TTC.