Akhir Tahun, PLN Beri Kado Istimewa Untuk Halmahera dan Morotai

Oleh : Hariyanto | Rabu, 27 Desember 2017 - 10:09 WIB

INDUSTRY co.id - Morotai - Dipenghujung tahun 2017, PLN memberikan kado istimewa untuk Pulau Halmahera dan Pulau Morotai. Kado istimewa tersebut yakni dengan diresmikannya Listrik Desa (Lisdes) bagi sebelas desa.

Kesebelas desa tersebut antara lain Desa Bebsili, Desa Yawanli, Desa Wayamli, Desa Marasipno, Desa Gaifoli dan Desa Halitetor di Kabupaten Halmahera Timur

Kemudian, Desa Lou Madoro, Desa Leo Leo, Desa Saminyamau, Desa Aruburung dan Desa Posi-Posi di Pulau Rao, Kabupaten Pulau Morotai

Keseluruhan desa tersebut merupakan wilayah kerja dari PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara Area Sofifi dan diresmikan mulai hari Minggu (17/12/2017) hingga Sabtu (23/12/2017). Dengan demikian, PLN kini resmi melistriki 1.894 pelanggan baru di Halmahera dan Morotai.

Sistem pengoperasian kelistrikan di Pulau Halmahera dan Pulau Morotai ini beberapa menggunakan pola kerjasama operasi antara PLN dengan Pemerintah Daerah (Pemda), dimana pada kerjasama ini masing-masing Pemda membantu PLN dalam hal penyediaan mesin pembangkit sebagai bentuk sinergitas pelayanan kelistrikan bagi masyarakat di Halmahera dan Morotai.

Untuk melistriki Pulau Rao di Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara, PLN menyediakan 3 mesin PLTD masing-masing berkapasitas 200 kW dan membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 24 Kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 8,3 Kms dan 8 buah Trafo yang dalam hal ini dibantu oleh Pemda Kabupaten Pulau Morotai dalam hal penyediaan lahan untuk sentral dari PLTD tersebut.