Periksa Kelayakan, Pelni Siap Ambil Alih Muara Angke

Oleh : Irvan AF | Rabu, 04 Januari 2017 - 08:32 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Pelni (Persero) mengirimkan tim untuk memeriksa persiapan Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara, menindaklanjuti arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Manager Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan PT Pelni Akhmad Sujadi mengatakan pihaknya telah mengirimkan tim yang berasal dari Divisi Nautika dan Divisi Operasi.

Selain Pelabuhan Kali Adem, tim juga akan menuju Pulau Tidung di Kepulauan Seribu yang menjadi pelabuhan tujuan.

"Di dua tempat itu, tim akan memeriksa kelayakan dermaga, kedalaman air laut dan posisi alur pelayaran," kata Sujadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (3/1/2017).

Selain itu, lanjut dia, tim juga akan melihat kondisi terminal penumpang serta kesediaan rambu-rambu di pelabuhan dan alur masuk kapal di kedua pelabuhan tersebut.

"Alur masuk dan kedalaman air laut sangat krusial bagi keamanan pelayaran, hal yang menjadi prioritas kami dalam melayani penumpang. Sementara kondisi terminal penumpang beserta fasilitasnya akan menentukan kenyamanan penumpang. Kami tentu berharap masyarakat yang hendak berwisata ke Kepulauan Seribu mendapatkan pelayanan prima," ujarnya.

Sujadi mengatakan Pelni telah mengoperasikkan KM Sanus 46 ke Kepulauan Seribu dari Pelabuhan Sunda Kelapa sejak akhir 2015.

Dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik kepada penumpang, Menhub Budi meminta kepada PT Pelni dan PT ASDP untuk melayani pelayaran ke Pulau Seribu.

Kapal-kapal tersebut diharapkan dapat membantu memberikan pelayanan kepada penumpang dari Jakarta menuju Pulau Seribu atau sebaliknya, dengan standar keselamatan dan keamanan yang lebih baik.

"Dalam waktu dekat ini kita akan tugaskan Pelni dan ASDP, untuk mensubstitusi adanya kekurangan (kapal yang melayani rute Jakarta - Pulau Seribu)," katanya.(iaf)