Transaksi Bank Sampah Bisa Online

Oleh : Wiyanto | Rabu, 22 November 2017 - 08:20 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta-PT Bank Negara Indonesia Tbk  (BBNI) mengembangkan kolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Danone dalam hal transaksi secara real time online dengan Bank Sampah di DKI Jakarta.

Ada aplikasi bank sampah online yang tengah dikengembankan, dan direncanakan akan dinamakan BNI Digitrash.

“BNI Digitrash yang sedang dikembangkan ini diharapkan nantinya dapat mendukung monitoring dari gerakan Ayo Menabung dengan sampah. Dengan pengembangan aplikasi berbasis web dan mobile ini,  aplikasi dapat dimanfaatkan oleh stakeholder yang terkait dengan gerakan ini. Aplikasi ini nantinya akan memiliki kapabilitas sebagai dashboard, database, dan juga transaksi,” ujar Corporate Secretary BNI Kiryanto, Selasa (21/11/2017).

Kali ini, lanjut dia, program gerakan ayo menabung dengan sampah merupakan kolaborasi antara BNI dan Bank Sampah yang dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta bersama dengan seluruh Suku Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Program ini mendorong pola keterlibatan (engagement) dan pemberdayaan (empowerment) sebuah komunitas/ masyarakat.

"Hal ini perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan rendahnya partisipasi masyarakat. Program ini diharapkan menjadi fondasi bagi sebuah ekosistem positif dari sebuah masyarakat yang memahami pentingnya pengelolaan sampah," katanya.