Trinseo Dorong Transisi Lingkungan Lewat Roadshow Sekolah

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 07 Mei 2024 - 21:12 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sebagai penyelenggara Program Yok Yok Ayok Daur Ulang! (YYADU!), Trinseo berkolaborasi dengan Kita Olah Indonesia dan Perbanusa.

Kolaborasi ini mendorong perubahan berkelanjutan dan mengembangkan ruang hijau untuk lingkungan yang lebih sehat serta mendorong pihak sekolah untuk menjadi agen perubahan terhadap pilah dan olah sampah, khususnya sampah plastik. 

“Melalui program ini, kami adalah ingin mempersuasi praktik pengelolaan sampah yang komprehensif di Indonesia,” ujar Hanggara Sukandar, Presiden Direktur PT Trinseo Materials Indonesia yang juga menjabat sebagai Direktur Environment & Sustainability Affairs Responsible Care Indonesia.

Menurut Hanggara, manajemen pengelolaan sampah tidak akan berjalan sukses jika hanya dijalankan oleh satu atau dua pihak saja. Hal tersebut membutuhkan kolaborasi berkelanjutan dari berbagai pihak, termasuk institusi pendidikan, pemerintahan, pihak swasta, industri, asosiasi lingkungan dan pengelolaan sampah dan rumah tangga. 

"Partisipasi aktif dari seluruh pihak menjadi hal yang esensial untuk menciptakan ekosistem manajemen sampah dan daur ulang.” ujar Hanggara.  

“Pentingnya kampanye berkelanjutan tidak bisa dikesampingkan. Karena itu, dukungan dari institusi pendidikan jadi tombak utama dalam kesuksesan visi kita ini,” tambahnya.

Mengacu pada komitmen berkelanjutan dari program YYADU! maka timbulah gagasan untuk melakukan kegiatan roadshow ke sekolah untuk mengedukasi siswa tentang pentingnya mengelola dan memilah sampah secara aktif. 

Untuk mendorong antusiasme warga sekolah dalam program ini, diadakan kompetisi kebersihan yang berlangsung selama satu bulan. Kriteria kunci perlombaan ini diantaranya, implementasi sistem pemilahan sampah yang komprehensif, pendekatan terorganisir dan efektif dalam pengelolaan sampah, budaya pemilahan sampah yang kuat di kalangan siswa dan staf, dan komitmen berkelanjutan terhadap tanggung jawab lingkungan.

Beberapa sekolah yang berpartisipasi dalam program tersebut telah menunjukkan dedikasi dan kreativitas luar biasa dalam pendekatan mereka terhadap pengelolaan sampah. 

Di antara para sekolah pemenangnya adalah SMP 10 Depok, SMP Al-Hamidiyah, dan SMP 3 Depok. Sekolah-sekolah ini telah menerapkan sistem pemilahan sampah yang komprehensif, mendirikan fasilitas daur ulang di sekolah, dan mengorganisir kampanye kesadaran yang menarik untuk melibatkan siswa secara aktif.

"Kebetulan SMP Negeri 10  dinominasikan sebagai sekolah adiwiyata tingkat nasional jadi saya pikir program dari YYADU! dapat menambah poin di proses seleksi,” ujar Antoni selaku kepala sekolah SMP Negeri 10 Depok, yang merupakan pemenang pertama dari program ini.

Para pemenang Program Yok Yok Ayok Daur Ulang!, semuanya telah mengambil langkah proaktif untuk mengurangi konsumsi plastik sekali pakai di area sekolah mereka. Dengan menerapkan inisiatif yang berfokus pada meminimalkan sampah plastik, sekolah-sekolah ini tidak hanya mengurangi jejak lingkungan mereka tetapi juga menetapkan contoh positif bagi siswa dan staf.