Harga Tembakau Bojonegoro Mulai Urun Dampak Hujan

Oleh : Hariyanto | Jumat, 29 September 2017 - 12:05 WIB

INDUSTRY.co.id - Bojonegoro- Sejumlah petani Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur menyatakan harga tembakau Virginia Voogst (VO) mulai turun sekitar Rp2.000/kilogram dampak dari hujan dalam beberapa hari terakhir sehingga proses penjemuran terganggu di wilayah itu.

"Perhitungan kami harga tembakau Virginia VO turun rata-rata sekitar Rp2.000 per kilogram tembakau kering, sebab kualitasnya terpengaruh hujan," kata Ketua Kelompok Tani Desa Sugihwaras, Kecamatan Sugihwaras, Bojonegoro Lasto di Bojonegoro, Kamis (28/9/2017) 

Ia mengaku saat ini membawa tembakau rajangan Virginia VO sebanyak dua ton hasil panen setelah hujan, yang akan disetorkan ke gudang pembelian milik PT Gudang Garam di Sugihwaras.

Sebelum ini, kata dia harga tembakau miliknya tertinggi bisa mencapai Rp22.000/kilogram, tetapi tembakau yang sekarang disetorkan kemungkinan rata-rata hanya laku sekitar Rp20.000/kilogram.

Meski demikian, ia optimistis tidak merugi dalam menanam tembakau Virginia VO sebanyak 50.000 pohon yang menghabiskan biaya Rp60 juta. Perolehan dari menjual tembakau sudah mencapai Rp30 juta, belum termasuk tembakau yang sekarang disetorkan ke gudang sebanyak dua ton.

"Sekarang saya dalam proses menyetorkan tembakau ke gudang milik PT Gudang Garam," ucapnya.