Maknai Tahun Baru Muharram 1439 Hijriyah Secara Transformatif

Oleh : Herry Barus | Kamis, 21 September 2017 - 07:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Helmy Faishal Zaini mengatakan tahun baru Muharram 1439 Hijriyah/2017 Masehi merupakan momentum untuk merenungkan makna hijrah transformatif sebagaimana diajarkan Nabi Muhammad SAW.

"Agama harus kita maknai sebagai ajaran yang transformatif sehingga kita bisa terus beradaptasi dan selalu siap dengan tantangan zaman yang kian hari kian kompleks," kata Helmy di Jakarta, Rabu (201/9/2017)

Menurut dia, perpindahan Nabi Muhammad dari satu lokus Mekkah ke lokus yang lain Madinah memberi pelajaran, perspektif, dan spirit baru dalam berdakwah.

Dia mengatakan semua gerak kehidupan sejatinya menuju ke arah fitrah makna hijrah itu sendiri. Dalam bahasa yang idiomatik, hijrah bisa dirangkai dalam kerangka "minadz dzulumaati ilannuur", yaitu kegelapan menuju kondisi yang terang benderang.

Dalam konteks apa pun, kata dia, kerangka dan spirit hijrah bisa diterapkan. Dalam konteks pribadi, kerangka hijrah bisa digunakan sebagai kerangka untuk memperbaiki diri.

"Tentu saja sebagai elemen terkecil dan sekaligus terpenting dalam sebuah struktur sosial, pribadi yang baik akan melahirkan tata sosial yang baik," kata dia.