Presiden Jokowi Apresiasi BUMN Bangun Balkondes

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 18 September 2017 - 14:41 WIB

INDUSTRY.co.id - Magelang- Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi peran aktif BUMN dalam membangun Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di sejumlah lokasi di Indonesia untuk meningkatkan potensi pariwisata sekaligus mengembangkan perekonomian kerakyatan.

Apresiasi tersebut ditunjukkan Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Balkondes Tuksongo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (18/9/2017)
 

Didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Presiden Joko Widodo disambut Menteri BUMN Rini Soemarno, Dirut Telkom Alex J Sinaga dan sejumlah dirut BUMN yang ikut membangun sejumlah Balkondes di wilayah Borobudur.

Sesaat tiba di Balkondes Tuksongo, Dirut Telkom Alex J Sinaga memaparkan berbagai fasilitas yang tersedia di Balkondes mulai dari ruang pendopo, ruangan "workshop", ruang "meeting", "homestay" enam unit, mushalla, toilet untuk kalangan difabel, taman dan ruang terbuka untuk teater.

Setelah itu, Presiden Jokowi meninjau fasilitas homestay dan mencoba langsung teknologi "home automation" yang bisa secara otomatis membuka dan mengunci kamar, menghidupkan listrik, AC, menghidupkan fasilitas Indihome meliputi televisi, internet dan telepon cukup dari ponsel pintar.

Setelah itu, Presiden memberikan secara simbolis sebanyak 10.000 bibit cengkih dan kopi kepada sebanyak 20 Kepala Desa se-Kecamatan Borobudur.