Akhir September Rudiantara Dijadwalkan Bertemu ITU

Oleh : Wiyanto | Selasa, 12 September 2017 - 14:21 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Menteri Komunikasi dan Informatikan Rudiantara menyatakan pemerintah sudah mengirim surat ke  International Telecommunication Union (ITU) selaku badan PBB yang mengurus segala hal terkait teknologi komunikasi dan informasi, terkait telah habis masa berlaku Satelit Telkom 1 di orbitnya. Surat tersebut untuk menjaga ke kosongan slot orbit, agar dapat digunakan oleh Satelit Telkom 4 tahun depan.

“Pemerintah sudah kirim surat ke ITU, agar surat tersebut secure. Akhir bulan kita akan ketemu Sekjen ITU,” kata di di Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Terkait dengan selesainya proses recovery jaringan pelanggan Telkom dari Satelit 1 ke satelit lain dan  fiber optic dan mesin to mesin, lanjut Rudi, mengapresiasi atas kinerja Telkom yang sucses full merapihkan seluruh 15.019 site yang sempat terganggu akhir Agusus 2017.”Setiap minggu ada adate rilis untuk mengetahui apayang dilakukan Telkom atas progress recovery tersebut, hingga tuntas 100%,” katanya.

Agar masalah satelit Telkom dapat dimitigasi kedepannya, kata dia pihaknya akan memantau proses satelit terutama sekali, saat akan berakhir masa bakti penugasan satelit.”Misal umur satelit 15 tahun, tiga tahun sebelum berakhir kita akan tanya cara menyiapkan satelit lanjutan, dokumennya kita tanyakan,kemudian kontraknya kita tanya juga,” katanya.