Dari Kesenian Rengkong Hingga Atraksi Pendekar Silat Ramaikan Pesta Rakyat Cibaliung

Oleh : Candra Mata | Senin, 21 Agustus 2017 - 16:33 WIB

INDUSTRY.co.id - Banten, Pesta Rakyat Cibaliung yang berlokasi tidak jauh dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Pandegelang, Banten, kembali menarik perhatian para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Beragam pertunjukkan kesenian dan budaya khas sunda dihadirkan dalam pesta rakyat tersebut, diantaranya, Rengkong, Beluk, Rampak hingga atraksi Debus.

Menurut Sahri, tokoh masyarakat desa Cibaliung, pesta rakyat  ini sendiri merupakan acara rutin dan sudah menjadi tradisi setiap tahun nya sejak jaman Indonesia Merdeka.

"Pesta rakyat cibaliung rutin digelar, selain menjadi daya tarik wisatawan juga dimaksudkan untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan lokal  agar tidak punah di telan perkembangan jaman," katanya, melalui pesan singkatnya kepada redaksi INDUSTRY.co.id, Senin (21/8).

Menurutnya, selain PRC ini menambah atraksi wisata yang ada di Pandeglang, Banten, sekaligus juga diharapkan dari event ini dapat terjalin kebersamaan yang semakin kuat di antara masyarakat Cibaliung serta dapat terus dikembangkan oleh generasi muda sehingga tidak punah.

Dalam pesta rakyat Cibaliung yang digelar tersebut, selain kesenian tradisional khas Sunda yang ditampilkan, seni olahraga bela diri khas Indonesia, yakni Pencak Silat juga dipentaskan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar dan wisatawan yang hadir.

Sekadar informasi saja, di dalam masyarakat desa Cibaliung, pencak silat sudah menjadi jenis olah raga dan kebudayaan yang paling diminati sekaligus dilestarikan dengan baik.

Hingga saat ini, sekurangnya sudah terdapat 35 perguruan silat dengan total anggota mencapai lebih dari 3400-an anggota dan tergabung dalam wadah bernama Paguyuban Pendekar Cibaliung (PPC).