Merah Putih Berkibar dari Bawah Laut di Tanjung Lesung

Oleh : Irvan AF | Kamis, 17 Agustus 2017 - 11:41 WIB

INDUSTRY.co.id, Pandeglang - Upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam menyambut hari kemerdekaan Indonesia ke-72, Kamis (17/8/2017), digelar dari bawah laut di Pantai Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten. Pengibaran bendera itu dilakukan oleh Pramuka Saka Bahari binaan Pangkalan Angkatan Laut.

Upacara pengibaran bendera yang berlangsung sekitar pukul 09:00 WIB itu berjalan khidmat dengan pengibaran Bendera Merah Putih dari bawah ke atas air di tiang bendera sepanjang 17 meter oleh 17 penyelam Saka Bahari yang terdiri dari pramuka tingkat penggalang hingga pandega.

Tepat ketika bendera berjarak satu hingga dua meter dari permukaan laut, lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan oleh ratusan peserta upacara yang berada di pulau buatan di tengah perairan dan bibir pantai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata yang dikelola PT Banten West Java itu.

"Kami sangat bangga dan senang atas hal ini karena ini baru kali pertama dilakukan oleh Pramuka Saka Bahari," kata Ketua Harian Kwartir Daerah Banten Cepi Syafrul Alam yang juga bertindak sebagai pembina upacara di lokasi upacara.

Para pengibar bendera tersebut menghabiskan waktu sekitar tiga bulan untuk mempersiapkan upacara bendera dari dalam laut tersebut, termasuk uji coba di lokasi selama dua pekan.

Pihak Kwarda Banten berharap upacara pengibaran bendera ini bisa memotivasi para anggota pramuka, khususnya tingkat penggalang untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan minat mereka akan suatu kegiatan positif.

"Termasuk juga menumbuhkan kesadaran untuk menjaga kelestarian alam dari para anggota Pramuka," ujar Kepala Bidang Evaluasi dan Pengembangan Dewan Kerja Daerah Kwartir Daerah Banten Oki Fathurrohman di lokasi yang sama.

Upacara yang juga dihadiri oleh perwakilan Pemda Banten, Danlanal Banten, Danlanud Halim Perdana Kusumah dan Danlanud Atang Sanjaya itu, diakhiri oleh koreografi 91 anggota Pramuka Kwarda Banten di atas air pantai Tanjung Lesung.