Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Badan pariwisata Singapura, Singapore Tourism Board (STB) Indonesia mengumumkan perpanjangan kemitraannya dengan GDP Venture melalui Memorandum of Cooperation (MOC) satu tahun yang ditandatangani 25 April 2024 di Jakarta. 

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Terrence Voon, Executive Director, Southeast Asia, STB, dan Danny Wirianto, Chief Business Officer (CBO) GDP Venture.

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan pengunjung asal Indonesia ke Singapura. 

Kemitraan yang telah berjalan selama setahun terakhir ini menghasilkan terlaksananya kampanye inovatif yang menampilkan selebriti dan influencer ternama Indonesia melalui perusahaan media portofolio GDP Venture seperti Kumparan, Kincir, dan Narasi. 

Kolaborasi antara STB Indonesia dan GDP Venture juga meliputi promosi akomodasi dan tiket penerbangan Singapura di perusahaan terafiliasi GDP Venture lainnya, yakni Tiket.com. 

Melalui pengalaman berwisata yang mendalam dan narasi yang menarik, kolaborasi ini telah menginspirasi wisatawan Indonesia untuk melakukan eksplorasi lebih lanjut dan menemukan hidden gems di Singapura.

Perpanjangan kemitraan ini akan menghadirkan elemen-elemen inovatif baru, termasuk pengenalan perencana perjalanan berbahasa Indonesia pertama yang didukung oleh teknologi Artificial Intelligence (AI), HolidAI Singapura. 

Melalui platform AI ini, wisatawan Indonesia akan mendapatkan akses ke rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan durasi perjalanan mereka dan jumlah anggota keluarga yang ikut berwisata. 

HolidAI Singapura juga dapat memberikan rekomendasi yang tepat bagi wisatawan Muslim yang memiliki kebutuhan atas makanan dan minuman halal. Sebagai platform AI berbasis Bahasa Indonesia, HolidAI Singapura juga bertujuan untuk meningkatkan inklusivitas serta menfasilitasi pengalaman Singapura yang dapat diakses oleh populasi Indonesia yang lebih luas. 

Selain itu, kemitraan ini juga akan terus memanfaatkan saluran media GDP Venture untuk menjangkau berbagai segmen sasaran di Indonesia, serta mendorong mereka untuk membeli paket liburan ke Singapura melalui Tiket.com.

"Peluncuran platform pembuat rencana perjalanan yang didukung AI adalah contoh bagaimana kami berinovasi untuk membuatkan rekomendasi perjalanan yang disesuaikan dengan kebutuhan unik masing-masing wisatawan Indonesia. Menyederhanakan proses perencanaan perjalanan mereka, dan meningkatkan visibilitas beragam atraksi di Singapura," kata Terrence Voon, Executive Director, Southeast Asia, STB.

Sementara Danny Wirianto, Chief Business Officer (CBO) GDP Venture, menyatakan, “kelanjutan kemitraannya dengan Singapore Tourism Board untuk tahun kedua merupakan bukti komitmen bersama GDP Venture terhadap inovasi dan pertumbuhan berkelanjutan. 

"Membuat rencana perjalanan yang didukung AI juga mencerminkan upaya kami dalam memanfaatkan teknologi dan strategi pemasaran terpersonalisasi untuk meningkatkan pengalaman bagi konsumen Indonesia," kata Danny.