Cotton Day 2023 Libatkan Ratusan Pelaku Industri Tekstil Untuk Mengenal Kapas Amerika Serikat Yang Tahan Lama Dan Sustainable

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 26 September 2023 - 22:23 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Cotton Council International (CCI) Indonesia, asosiasi perdagangan nirlaba yang mempromosikan serat kapas Amerika Serikat (AS) dan produk kapas manufaktur ke seluruh dunia dengan merek dagang Cotton USA, menggelar Cotton Day tahunan ke-7 di Jakarta.

Cotton Day 2023 digelar di Hotel Westin Jakarta tanggal 26 September 2023 yang diikuti sekitar 400 pelaku industri tekstil di Indoensia.

Hampir 400 pelaku industri tekstil Indonesia menghadiri acara tahunan Cotton Day yang ke-7 di Jakarta.  Beberapa kegiatan seperti pameran kapas Amerika Serikat, seminar, forum jejaring, hingga peragaan busana menggunakan kapas digelar. 

Mitra CCI yang berpartisipasi antara lain: Argo Manunggal X Project Sekar, Duniatex, Apac Inti Corpora, Bateeq, Samase, Mega Perintis, Lucky Print, Hakatex dan Indo Liberty Textile.

"Kami mempromosikan kapas Amerika di Indonesia ini supaya mereka juga menggunakan bahan kapas yang berkualitas yang dipakai brand dunia ternama, lebih tahan lama dan sustainable,” jelas Rio Hartanto Jap, Perwakilan CCI Indonesia.

Cotton Day juga menampilkan presentasi dari enam ahli di industri kapas AS. Yaitu Bruce Atherley, Direktur Eksekutif, CCI; Razvan Oancea, Direktur Senior Asia, CCI; Joerg Bauersachs, Ketua Tim Teknis COTTON USA; Hopie Brooks, Direktur Penjualan Ekspor, Staplcotn; Alan Vinson, Pimpinan Pedagang Texas, ECOM USA, LLC; dan Neeraj Rana, Direktur Dewan CCI dan Pedagang Kapas, Louis Dreyfus Company.

Tahun ini, kegiatan CGI mengambil tema ‘The Journey to a Smart Cotton Future’ dengan melakukan berbagai kegiatan seperti seminar dan peragaan busana (fashion show) untuk merayakan kapas AS dan menyediakan forum bagi semua pelaku industri untuk membangun jaringan sekaligus mendorong transformasi industri tekstil di Indonesia.

Sesuai temanya, maka CGI tahun ini mempromosikan kapas produksi Amerika Serikat yang tidak saja memiliki ketahanan, melainkan juga berkesinambungan atau sustainable.

“Sekarang ini produk yang berkesinambungan atau sustainable memang sedang trend. Itu pula yang dicari oleh brand brand fashion terkenal dunia maupun nasional,” jelas Bruce Atherly, Executive Director CCI.