Integrasi Indihome ke Telkomsel Bikin Efisien Opex dan Capex Diminta Persetujuan di RUPST

Oleh : Wiyanto | Jumat, 26 Mei 2023 - 01:59 WIB

INDUSTRY.co.id-PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) biasa disebut Telkom, akan spin off usaha Indihome ke PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Aksi tersebut akan dimintakan persetujuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) mendatang.

VP Investor Relations Telkom, Edwin Sebayang menjelaskan, spin off tersebut transaksinya lebih dari 50 persen ekuitas. Spin off untuk pelaksanaan integrasi bisnis Fix Mobile Convergence (FMC).

"Kita lebih memberikan pesan kepada pasar karena berkembang dan bertumbuh. karena kita menciptakan aksi korporasi, investor bisa melihat,” kata dia di Jakarta, Kamis (25/5/2023).

Ia menjelaskan, pada RUPST mendatang setidaknya pemegang saham dimintakan persetujuan agar Telkom dapat melaksanakan FMC.

"Harapannya market cap akan bertambah, bisa Rp 500 triliun,” jelas dia.

Lalu apa sih untungnya dengan aksi FMC? Ya, ada keuntungan dari Opex dan Capex dalam bentuk apa? Yaitu efisiensi capex dan opex.

"Dalam 5 tahun ke depan capex Telkom dapat turun sebesar 10%. Capex dapat turun mencapai 22% dari total revenue. Untuk opex diharapkan berkisar Rp 1,6 triliun- Rp 1,9 triliun. Berdampak pada kenaikan ebitda ataupun revenue setiap tahun," jelasnya.