Hingga Maret 2023, Astragraphia Catat Laba Bersih Bersih Tumbuh 59% Persen

Oleh : Hariyanto | Rabu, 19 April 2023 - 14:41 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Astra Graphia Tbk (ASGR) membukukan pendapatan bersih konsolidasi sebesar Rp682 miliar, naik 10% dibandingkan periode yang sama di tahun 2022. Sampai dengan 31 Maret 2023, Astragraphia mencatat laba bersih konsolidasi sebesar Rp25 miliar, bertumbuh 59% dibandingkan kuartal I 2022. 

Kemampuan dalam mengelola arus kas serta siklus operasional yang terus dijaga dengan baik, turut berkontribusi terhadap peningkatan laba bersih Astragraphia di kuartal I 2023.

Hendrix Pramana Presiden Direktur PT Astra Graphia Tbk mengatakan, peningkatan laba bersih dikontribusikan dari meningkatnya pendapatan di unit usaha Solusi Dokumen sebesar 8% karena adanya peningkatan volume penjualan mesin pada sektor Graphic Art dan perkantoran. 

"Kenaikan pada pendapatan juga dikontribusikan dari unit usaha Solusi Teknologi Informasi sebesar 14% sebagai hasil dari penguatan penetrasi pasar dan percepatan realisasi peluang bisnis di area IT Trading dan IT Services," kata Hendrix yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (19/4/2023).

"Di tengah aktivitas operasional yang mulai mengalami peningkatan, Astragraphia terus berupaya menjalankan operational excellence di dalam setiap proses di seluruh lini bisnis dan mencari peluang-peluang baru untuk membangun pertumbuhan bisnis," imbuhnya.

Sejalan dengan komitmen Astragraphia untuk menjadi perusahaan yang lebih tangguh dan berkelanjutan, Astragraphia senantiasa mewujudkan aspirasi keberlanjutan melalui strategi Triple-P Roadmap, di mana Public Contribution menjadi salah satu aspirasi keberlanjutan Astragraphia, berfokus pada pengembangan masyarakat di pilar kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan. 

Selama kuartal I 2023, pada pilar pendidikan, Astragraphia telah meresmikan pendampingan Link & Match kepada SMK Muhammadiyah 1 Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di Kepanjen, Jawa Timur dan menyelenggarakan Competence Aid Program, sebagai kegiatan berbagi ilmu kepada 400 siswa SMK Muhammadiyah 2 di Pekanbaru, Riau.