Kembali Raih Akreditasi Internasional JCI RS Premier Jatinegara Dan RS Premier Surabaya Hadirkan Pelayanan Yang Berfokus Pada Pasien

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 10 Januari 2023 - 12:25 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Untuk keempat kalinya, tahun ini RS Premier Jatinegara (RSPJ) dan RS Premier Surabaya (RSPS) kembali dinyatakan sebagai rumah sakit terakreditasi dari Joint Commission International (JCI). Akreditasi tersebut menyatakan kalau rumah RSPJ dan RSPS sudah menggunakan standar edisi ke-7, dengan pelayanan yang berfokus pada pasien (patient centred care).

Akreditasi internasional didapatkan melalui penilaian proses pelayanan dengan kesesuaian berstandar internasional. RS Premier merupakan 10 rumah sakit pertama yang melaksanakan akreditasi JCI di Indonesia. Penilaian ini meliputi pelayanan pasien dan integrasi antar unit atau departemen yang dibakukan dalam standar prosedur atau kebijakan di rumah sakit.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat hingga tahun 2021 Indonesia telah memiliki lebih dari 3100 rumah sakit yang tersebar di 38 provinsi. Namun, menurut data dalam situs resmi JCI hanya terdapat 23 rumah sakit yang memiliki sertifikat akreditasi standar internasional dari JCI.

JCI adalah lembaga akreditasi unggulan yang ditujukan untuk sektor pelayanan kesehatan berskala internasional. Lembaga ini telah berdiri sejak tahun 1951 dan memiliki standar akreditasi yang diakui sejak 1994. Melalui pelatihan, publikasi, bimbingan pelayanan, sertifikasi dan akreditasi internasional, JCI bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan keselamatan pasien di rumah sakit.

“Sebuah rumah sakit yang baik, tidak hanya dilihat dari lengkapnya fasilitas dan banyaknya jumlah dokter spesialis maupun sub-spesialis nya saja. Tetapi mutu pelayanan serta komitmen terhadap keselamatan pasien dan mutu rumah sakit menjadi sebuah tolok ukur yang juga perlu dipertimbangkan,” ucap Dr. Susan Ananda selaku CEO dari RSPJ.

“Rumah sakit yang memiliki akreditasi internasional menunjukan bahwa kualitas pelayanannya dari waktu ke waktu selalu di evaluasi sehingga terukur dengan baik. RSPS telah menjalankan ini semenjak tahun 2013 dan terus berkomitmen untuk menjaga kualitas pelayanan demi keselamatan pasien agar selalu mendapatkan kepercayaan dari masyarakat,” Dr. Hartono Tanto, Direktur RS Premier Surabaya mengatakan.
 
“Kami Ramsay Sime Darby Health Care (RSDH) tentu sangat bangga atas pencapaian RSPJ dan RSPS yang telah kembali dinyatakan lulus dan sekali lagi meraih sertifikat JCI. Ini semua berkat dukungan dan kerjasama dari semua tim di RSPJ maupun RSPS," tutur Peter Hong GCEO RSDH.