Kencana Agri Tambah Satu Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit di Sulawesi Tengah

Oleh : Hariyanto | Rabu, 05 Juli 2017 - 18:10 WIB

INDUSTRY.co.id , Jakarta - PT Kencana Agri Ltd. akan menambah satu pabrik pengolahan kelapa sawit (PKS) di Luwuk, Sulawesi Tengah dengan kapasitas terpasang 30 ton tandan buah segar (TBS) hingga 45 ton TBS per jam.

Direktur Keuangan Kencana Agri Grup, Kent Surya mengatakan, untuk kapasitas awal, pihaknya akan membangun 30 ton TBS per jam dulu dan bisa dikembangkan hingga 60 ton TBS per jam.

"Pembangunan awal tidak mungkin langsung berkapasitas besar, karena kami juga masih melihat seberapa besar potensi produksi sawit di Sulawesi Tengah," kata Kent Surya di Jakarta, Rabu (5/7/2017).

Dengan tambahan satu pabrik pengolahan sawit, menurut Kent, maka PKS yang dimiliki Kencana Agri menjadi 6 unit. Saat ini, Kencana Agri Grup telah memiliki 5 unit PKS berkapasitas 225 ton TBS per jam dengan lokasi di Bangka, Kutai, Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Pabrik PKS yang di Sulteng tersebut akan beroperasi sekitar akhir 2018. Total PKS kami nanti menjadi 6 unit," tuturnya.

Demi membangun satu unit PKS baru, lanjut Kent, Kencana Agri mengandalkan dua sumber pendanaan, berasal dari dana internal perusahaan dan pinjaman perbankan. "Porsinya 35% dipenuhi internal dan 65% dari perbankan," katanya.

Pembangunan PKS baru Kencana Agri ditargetkan dapat dimulai pada semester II tahun ini. Investasi awal membangun PKS diperkirakan mencapai Rp75 miliar hingga Rp112,5 miliar, nilai investasi itu dihitung dengan asumsi untuk membangun PKS dengan kapasitas 1 ton per jam investasi yang dibutuhkan sekitar Rp2,5 miliar.