27 Tahun MRAT Listing di Bursa, Sebuah Pencapaian Luar Biasa Untuk Perusahaan Lokal Indonesia

Oleh : kormen barus | Jumat, 16 September 2022 - 11:01 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Bila ada perusahaan lokal yang sudah puluhan tahun menjalankan usahanya dan mampu bertahan hingga saat ini maka hal tersebut menjadi sebuah kebanggaan. Ditambah lagi bila perusahaan tersebut menjadi perusahaan publik yang bertahan hingga puluhan tahun melantai di bursa saham.

Tepatnya 27 tahun. Ya, selama itulah perusahaan lokal kebanggaan bangsa Indonesia, PT Mustika Ratu Tbk dengan kode emiten MRAT telah menjadi perusahaan publik.

PT Mustika Ratu Tbk pertama kali mencatatkan saham di Bursa pada tanggal tahun 1995. Dalam perkembangannya tahun ke tahun, saham Mustika Ratu mengalami fluktuasi pergerakan nilai saham yang dinamis. Hal ini merupakan sebuah hal yang wajar bagi entitas bisnis yang telah go public dimana fluktuasi saham adalah keniscayaan. Namun, peningkatan nilai saham MRAT dari tahun ke tahun semakin menunjukkan tren positif.

Mengapa harus memilih saham MRAT? Tentunya dengan memiliki saham MRAT, para investor akan berkontribusi pada dampak sosial bagi perusahaan lokal yang telah dianggap menjadi pionir dalam industri kecantikan dan kesehatan di Indonesia. Investor juga turut berkontribusi dalam pengembangan ekonomi kerakyatan yang digagas oleh MRAT sejak didirikan. MRAT telah memberdayakan ribuan pedagang jamu, pemasok bahan baku jamu dan belum terhitung ratusan usaha kecil yang telah puluhan tahun bersinergi bersama Perseroan membangun industri jamu di Indonesia.

Sebagai salah satu perusahaan lokal yang melantai di bursa, 27 tahun perjalanan di bursa bukanlah waktu yang singkat. Ditengah-tengah kondisi ekonomi yang belum stabil, MRAT masih konsisten menjadi perusahaan dengan reputasi terpercaya yang layak mendapat tempat di hati investor.

Seperti dituturkan Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Bingar Egidius Situmorang,”Eksistensi MRAT diakui tidak hanya di domestik, namun diakui hingga mancanegara. Jika berbicara produk di mancanegara, sudah tidak terhitung lagi berapa jumlah produk MRAT yang beredar di pasar global. Yang lebih membanggakan lagi adalah keberhasilan produk Jamu Ready To Drink (RTD) menembus pasar Jepang yang dikenal menerapkan regulasi ketat pada produk asing,” tuturnya.

Bingar menambahkan “Menjadikan produk Mustika Ratu dapat digunakan oleh seluruh konsumen di dunia adalah bagian dari visi strategis MRAT. Hingga tahun ini sebanyak 32 negara sudah menjadi negara destinasi ekspor kami,” tambahnya.

Di bulan September 2022 ini MRAT juga diundang oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Amerika Serikat menghadiri Indonesian Night di Kantor KBRI di Washinton DC, Amerika Serikat. Acara yang menghadirkan sesi perkenalan pariwisata dan budaya juga business matching dengan calon pembeli potensial sebagai bentuk apresiasi yang diberikan kepada MRAT sebagai perusahaan lokal yang mampu go global. 

Dengan berada di industri yang semakin kompetitif, MRAT telah menyiapkan sejumlah langkah strategis. Rencana divestasi aset berupa tanah di Cibitung akan digunakan untuk memperkuat struktur modal dalam rangka mempercepat growth plan Perseroan.

Dengan pengalaman selama 27 listing di bursa, MRAT yang kini telah banyak berbenah dengan jajaran direksi yang agile siap menyongsong tantangan industri health and wellness yang semakin tech savvy.