Kinerja Positif, TRIS Targetkan Peningkatan Laba Bersih 120 Persen di Akhir Tahun

Oleh : Candra Mata | Kamis, 01 September 2022 - 18:38 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Trisula International Tbk (“TRIS”), emiten integrated apparel provider yang bergerak di bidang tekstil dan garmen berhasil menorehkan capaian peningkatan kinerja pada semester I-2022. TRIS memperoleh kenaikan laba bersih yang tinggi dibandingkan  periode yang sama di tahun sebelumnya. Perolehan laba bersih yang melonjak ini didukung oleh penjualan TRIS yang terus naik.

Berdasarkan laporan keuangan Perseroan, laba bersih TRIS pada semester I-2022 sebesar Rp30,2 miliar, naik signifikan sebesar 446% dari tahun sebelumnya.  

Direktur Utama TRIS, Widjaya Djohan mengatakan, pada semester pertama tahun ini, penjualan bersih TRIS meningkat 29% YoY menjadi Rp661,3 miliar. Pertumbuhan kinerja  tahun ini juga diikuti dengan peningkatan aset perseroan. 

Total aset TRIS pada 30 Juni 2022 tercatat Rp1,14 triliun, naik sebesar 7,5% dibandingkan dengan posisi 31 Desember 2021. Sedangkan total liabilitas TRIS pada 30 Juni 2022 tercatat sebesar Rp461,8 miliar.

“Kami bersyukur Perseroan berhasil mencatatkan pertumbuhan kinerja pada tahun ini. Pencapaian ini didukung oleh pemulihan market global pasca pandemi covid-19," kata Djohan dari keterangannya yang diterima redaksi INDUSTRY.co.id, pada Kamis (1/9/2022).

Menurut Djohan,  peningkatan signifikan penjualan ekspor tahun ini terutama akibat dari permintaan pasar ekspor yang meningkat sejak awal tahun serta didukung oleh logistik dan supply chain yang sudah normal kembali. 

Sedangkan pada pasar domestik, kontribusi peningkatan kinerja didukung oleh daya beli masyarakat yang membaik serta aktivitas pusat perbelanjaan yang sudah kembali normal.

Djohan menilai, peningkatan penjualan TRIS sebagian besar didukung oleh ekspor yang berkontribusi 68% dari total penjualan. Semester pertama tahun ini TRIS membukukan penjualan ekspor sebesar Rp449,8 miliar, sedangkan penjualan domestik sebesar Rp211,6 miliar.

TRIS pun mencatatkan peningkatan penjualan ekspor sebesar 48,7% yoy, sedangkan penjualan domesitik naik sebesar 1,2% yoy. 

Diungkapkan Djohan, Pasar utama ekspor TRIS adalah Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Singapura dan Jepang.TRIS memiliki pasar ekspor yang kuat dengan pengalaman lebih dari 30 tahun di pasar internasional, termasuk dalam pengadaan garmen untuk merek ritel internasional dan pengadaan seragam di institusi penerbangan (airlines), perhotelan, rumah sakit dan pelayanan publik (seperti pemadam kebakaran).

Selain itu, untuk meningkatkan penjualan domestik, Perseroan terus menggenjot pemasaran digital. Penjualan dilakukan melalui berbagai marketplace termasuk Yukshopping.com, ecommerce yang memasarkan produk-produk Trisula Group seperti pakaian, kain, dan domestik.

"Melihat peluang yang semakin terbuka setelah aktivitas pasar kembali normal, kami optimistis dapat terus meningkatkan kinerja, dengan target pertumbuhan penjualan sebesar 30% dan peningkatan laba bersih 120% sampai akhir tahun 2022," ujar Djohan.

"Ke depan kami akan terus mencari peluang dengan menambah jaringan baik di pasar ekspor maupun pasar domestik dengan diiringi peningkatan produktivitas, desain dan kualitas produk agar dapat terus meningkatkan kepercayaan pelanggan,” pungkasnya.