Sidak Layanan Publik, Soni Sumarsono Minta Masukan Warga

Oleh : Herry Barus | Jumat, 16 Desember 2016 - 06:35 WIB

INDUSTRY.co.id - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono mendadak mendatangi Kantor Layanan Publik Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Jakarta Timur, Kamis (15/12). Kehadiran mendadak tanpa protokoler orang nomor satu di DKI Jakarta itu mengejutkan sejumlah jajaran PNS yang sedang melayani warga yang mengurus surat-surat.

Padahal agenda Soni hari ini cukup padat. Ia harus mendatangi acara Silaturahmi dengan para Ketua RT, RW, LMD, FKDM, dan para tokoh masyarakat di GOR Ciracas Jakarta Timur. Namun disela-sela padatnya kegiatan, Soni justru secara spontanitas ingin mengecek jajaran birokrasi dalam melayani warga.

Dalam inspeksi mendadak (sidak)nya Soni berusaha menggali informasi dari warga yang sedang mengurus layanan dokumen. "Apakah ada yang dipersulit ngurus suratnya ibu," tanya Soni kepada salah seorang ibu yang sedang antri menunggu panggilan petugas.

Ibu itu langsung menjawab, tidak. "Sekarang mah beda dengan dulu pak, sekarang pelayanan bagus," tutur sang ibu.

Usai berdialog dengan sejumlah warga yang sedang mengurus surat menyurat seperti Surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP), Soni melanjutkan sidaknya dengan mengecek satu persatu loket di gedung PTSP dan menanyakan ke sejumlah warga lain, bagaimana pelayanan yang dilakukan oleh para petugas PTSP.

Kepada para pengunjung, Soni langsung menanyakan tentang bagaimana pelayanan yang diberikan oleh petugas PTSP. Dari beberapa orang yang ditanyai, pada umumnya menyatakan kepuasannya terhadap pelayanan yang dilakukan oleh PTSP Jakarta Timur ini.

Soni juga mendatangi loket pelayanan pengurusan paspor di konter Imigrasi Jakarta Timur. Soni melakukan dialog dengan petugas. Ia menanyakan berapa hari proses pembuatan paspor bisa diselesaikan. Petugas menjawab, jika dokumen lengkap dan memenuhi syarat, maka pembuatan paspor hanya membutuhkan beberapa jam untuk kemudian diproses.

Setelah puas melihat langsung pelayanan di loket PTSP dan layanan Imigrasi Jakarta Timur, Dirjen Otonomi Daerah ini melanjutkan sidak ke kantor Bank DKI yang berada dilingkungan PTSP. Soni sempat berbincang dengan para nasabah yang sedang mengantri untuk menanyakan secara langsung bagaimana pelayanan yang dilakukan di Bank DKI.

Wakil kepala cabang Bank DKI unit PTSP yang saat itu sedang di kantor ikut kaget dengan kehadiran mendadak Soni. Ia langsung menyambut Soni dan memberi penjelasan tentang pelayanan yang dilakukan di kantor cabang PTSP. Meski masih dalam tahap renovasi, namun pelayanan di Bank DKI unit PTSP berjalan dengan baik.

Usai sidak, Soni mengaku puas karena pelayanan di PTSP berjakan dengan baik. "Kita lihat pengurusan perijinan seperti IMB dan HO berjalan dengan baik. Hanya dalam hitungan jam atau maksimal satu hari, semua bisa diselesaikan dengan baik," ujar Soni Sumarsono memberikan arahan kepada para petugas.(Hrb)