TOP! Di Lobi Menperin Agus, Mitsubshi Siap Ekspor Pajero dan Xpander ke Australia

Oleh : Ridwan | Sabtu, 02 Juli 2022 - 12:35 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) memastikan akan menambah negara tujuan ekspor mereka dari Indonesia pada tahun 2022.

Setidaknya ada 9 negara tambahan yang akan menjadi negara tujuan ekspor baru bagi produk Mitsubishi buatan Indonesia, salah satunya adalah Australia.

Kepastian itu disampaikan Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita saat menyambangi markas Mitsubishi Motors di Okazaki, beberapa waktu lalu.

Mitsubishi menargetkan kinerja ekspornya pada tahun 2022 mencapai 72 ribu unit, atau naik 30 ribu dibandingkan tahun 2021. Peningkatan ini akan memberikan sumbangsih surplus neraca perdagangan sebesar Rp7 triliun.

“Tentunya Mitsubishi akan meningkatkan pasar ekspor, sehingga memberikan sumbangsih nyata pada kinerja ekspor Indonesia,” kata Menperin Agus melalui keterangan resminya.

Menurut Agus, Australia merupakan pasar yang sangat penting bagi Indonesia. Apalagi, Indonesia dan Australia sudah terikat perjanjian perdagangan bebas Comperhensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA). 

"Pasar Australia ini sangat besar, apalagi kita sudah punya kesepakatan dagang, sehingga sayang sekali bila tidak dimanfaatkan," sebutnya.

Menperin Agus juga mendorong Mitsubishi agar dapat mempercepat program produksi kendaraan emisi karbon rendah dengan teknologi Hybrid dan Battery Electric Vehicle (BEV) atau Electric Vehicle (EV).

“Kami juga terus mendorong Mitsubishi agar dapat memproduksi Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai di Indonesia dengan penggunaan ukuran baterai yang lebih kecil (key car) menggunakan baterai 20 kWH dan driving range 170 kilometer," tandasnya.