RI-Malaysia Jalin Kerjasama Tingkatkan Pemagangan dan Investasi

Oleh : Ridwan | Selasa, 13 Juni 2017 - 12:58 WIB

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dengan MyASEAInternship telah bersepakat untuk mempromosikan dan mengimplementasikan program pemagangan di lingkup ASEAN, yang dalam kali ini dikonsentrasikan kepada kerjasama diantara Indonesia dengan Malaysia.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani mengatakan, Kami sepenuhnya mendukung penguatan awareness bagi generasi muda untuk lebih meningkatkan kemampuannya dalam dunia usaha.

"Dalam hal ini, Kadin Indonesia bersama dengan TC Malaysia akan bekerjasama memfasilitasi program pertukaran Sarjana melalui pemagangan di perusahaan-perusahaan baik di Indonesia maupun Malaysia,” ungkap Rosan P.Roeslani di Jakarta (13/6/2017).

Ia menambahkan, tak hanya melibatkan para Sarjana tersebut, kedua belah pihak juga akan melibatkan kerjasama dan penggabungan para ahli di sektor-sektor industri.

Di kesempatan yang sama, Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia, Dato Sri Mustopa Mohamed mengatakan, penandatanganan kerjasama antara negara Malaysia dan Indonesia merupakan bentuk kesungguhan negara Indonesia untuk mendorong investasi Malaysia di Indonesia.

Hal ini, menurutnya dapat mempermudah kerjasama perdagangan dan investasi. ”Negara Indonesia memiliki potensi yang sangat melimpah. Kami komitmen untuk berinvestasi ke Indonesia. Kami juga menginginkan Indonesia untuk meningkatkan investasinya ke negara Malaysia,” katanya.

Dia menyebutkan, Malaysia akan terus meningkatkan investasi ke Indonesia. Sebelumnya, nilai investasi tersebut sebesar 15 juta dollar AS. Kini meningkat menjadi 30 juta dollar AS. Ia menambahkan,

"Nilai investasi tersebut secara signifikan menyasar desa. Kami investasikan untuk infrastruktur desa seperti listrik 35 ribu watt dan jalan tol. Ini untuk memudahkan perdagangan,” pungkasnya