Holding BUMN Pangan, ID Food Resmi Dilaunching

Oleh : Wiyanto | Rabu, 12 Januari 2022 - 16:04 WIB

INDUSTRY.co.id-Jakarta-ID Food dilaunching dengan RNI sebagai induk usaha. Dengan harapan ketahanan pangan terjaga secara nasional.

Direktur Utama PT RNI (Persero), Arief Prasetyo Adi mengatakan, sebagai induk holding pangan terdapat tiga tujuan, yaitu mendukung ketahanan pangan nasional, inklusivitas bagi petani, peternak, dan nelayan, serta menjadi perusahaan pangan berkelas dunia.

"Semoga holding BUMN Pangan dapat memberikan peran yang lebih pada ekosistem pangan nasional sehingga dapat hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia," kata Arief.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)Erick Thohir menjelaskan, dibentuknya holding pangan tersebut untuk memperbaiki tata kelola rantai pasok pangan di Indonesia. Selama ini, ia melihat tata kelola pangan Indonesia tidak ada kepastian dan tidak saling koordinasi satu sama lain.

"Tentu kita tidak bicara seluruh Indonesia, kita bicara pihaknya kita dulu, perbaikan supply chain di pangannya BUMN. Kita mergerkan dari 8 perusahaan jadi 5. kalau kurang kita mergerin lagi, kalau masih bandel kita mergerin lagi. tapi saya rasa 5 angka yang bagus," ujarnya.

Ia mengingatkan kepada BUMN holding pangan agar melakukan sinergi dengan himpunan bank negara (Himbara), PTPN, Perhutani, hingga Pupuk Indonesia untuk melakukan pendampingan terhadap petani, peternak, dan Nelayan.

"Peluncuran ID Food ini saya sudah tekankan kepada para direksi, yang di ID Food, ini bukan peluncuran logo, bukan hanya simbolik, tapi apa konkret results-nya. apa konkret hasilnya, dan saya minta seluruh direksi BUMN di sini yang hadir, harus menjadi ekosistem itu," ucap Erick.