Allianz Indonesia Tutup Tahun 2021 Dengan Optimis

Oleh : Hariyanto | Selasa, 21 Desember 2021 - 19:48 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Mengakhiri tahun 2021 serta memasuki 2022 dengan optimis, Allianz Indonesia menggelar sebuah sesi diskusi virtual media bertajuk How Insurance and Media Survive During the New Normal and Get Ready for 2022. 

Diskusi ini menghadirkan para narasumber, yaitu; Karin Zulkarnaen selaku Direktur Allianz Life Indonesia, Poltak Hotradero selaku Peneliti Senior & Ekonom di Bursa Efek Indonesia, dan Tri Agung Kristanto selaku Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas. 

Allianz Indonesia bersama para pembicara mengulas mengenai kiat bertahan ditengah sulitnya keadaan krisis pandemi Covid-19 dan bagaimana industri optimis melangkah masuk ke 2022. Terdapat juga paparan Outlook Ekonomi Makro 2022 serta digitalisasi asuransi.

“Fokus pemerintah dalam pemulihan perekonomian Indonesia tetap pada aspek kesehatan, sosial dan ekonomi. Seiring dengan perkembangan teknologi digital di era revolusi industri 4.0, pemerintah dan sektor privat akan terus berakselerasi mengadaptasi teknologi digital untuk memberikan kemudahan dan menyesuaikan kebutuhan manusia terutama di tengah normal baru ini," kata Poltak Hotradero, Peneliti Senior & Ekonom di Bursa Efek Indonesia yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (21/12/2021).

"Demikian pada sektor asuransi yang terus bertransformasi ke arah digital untuk memberikan layanan terbaik dan menjaga kelangsungan bisnis kedepannya. Nasabah dan masyarakat dapat memilih layanan, melakukan transaksi, pengajuan klaim hingga membayar tagihan hanya dengan satu portal saja," imbuhnya.

Allianz Indonesia telah menghadirkan berbagai inisiatif untuk menciptakan pengalaman terdigitalisasi pada asuransi dengan menyesuaikan kebutuhan nasabah yang unik dan mengutamakan kemudahan. Salah satunya melalui Allianz eAZy Connect yang memungkinkan nasabah untuk mengakses, memantau informasi dan mengelola polis secara mandiri dimana saja dan kapan saja hanya dengan satu aplikasi.

“Walau masih banyak pembatasan aktivitas, hal ini bukan menjadi penghalang bagi Allianz Indonesia untuk tetap menghadirkan inisiatif inovatif dalam memberikan edukasi guna tingkatkan literasi asuransi kepada masyarakat. 2021 memang berat bukan hanya karena krisis tapi juga disrupsi digital membuat kami harus mengubah cepat strategi bisnis menjadi lebih efektf dan efisien, sesuai dengan pergeseran perilaku dan gaya hidup masyarakat," terang Karin Zulkarnaen, Direktur Allianz Life Indonesia.

"Produk dan servis kami semakin consumer centric yang dipastikan memberi pengalaman asuransi yang lebih praktis dan nyaman. Pada 2022, Allianz akan terus bertumbuh menjadi sebuah ekosistem digital kebutuhan asuransi lengkap bagi masyarakat mengedepankan kemudahan serta keamanan data.” imbuh Karin.
 
Dari sisi media, Tri Agung Kristanto selaku Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas turut menyampaikan bahwa sekarang adalah momen krusial bagi media untuk terus bertahan dan menjadi sumber informasi bagi masyarakat.

“2021 juga tidak mudah bagi pelaku industri media, namun tidak mengurangi semangat idealisme kebanyakan pelaku industri untuk tetap menyajikan berita yang terpercaya ditengah ketidakpastian krisis ekonomi. Saat ini teknologi informasi dan komunikasi menjadi tulang punggung penerapan teknologi digital dalam setiap aspek kehidupan manusia. Memahami itu industri media pun berakselerasi guna dorong tumbuhnya kemampuan literasi keuangan dan asuransi yang dipadukan dengan kemampuan literasi digital, yang menjadi modal penting masyarakat dalam menghadapi digitalisasi sektor jasa keuangan dan asuransi” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini pula, Allianz Indonesia menggelar puncak acara Journalist Writing Competition 2021, ajang kompetisi bagi insan jurnalis Indonesia, yaitu pengumuman para pemenang penulisan artikel terbaik. Kompetisi telah berjalan sepanjang tahun 2021 hingga ditutup pada November 2021.

Ketiga dewan juri yang juga merupakan pembicara dalam webinar, mengumumkan sembilan rekan jurnalis yang berhasil menjadi pemenang penulis berita terbaik versi digital dan cetak, serta berita foto terbaik. Para pemenang selanjutnya berhak atas berbagai hadiah menarik yang telah disediakan.

Allianz Indonesia menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada rekan media yang telah berkolaborasi dalam menghadirkan pemberitaan dan informasi yang akurat mengenai perlindungan dan layanan asuransi di Indonesia sepanjang 2021. Ajang ini diharapkan dapat membawa dampak baik dengan meningkatnya literasi dan penetrasi asuransi masyarakat Indonesia.

“Dengan adanya program Journalist Writing Competition setiap tahunnya, kami ingin mengajak rekan media untuk dapat menjadi corong informasi dan sosialisasi program asuransi yang lengkap dan akurat bagi masyarakat. Harus kita akui pemahaman masyarakat masih cukup rendah menyangkut asuransi, padahal asuransi adalah salah salah satu proteksi dasar yang bisa menyelamatkan individu maupun keluarga dari krisis keuangan sepanjang hidupnya. Itulah sebabnya sepanjang tahun Allianz konsisten menggalakkan inisiatif-inisiatif yang sifatnya  memberi edukasi lebih jauh lagi tentang bagaimana Asuransi memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat yang lebih berkualitas.” tutup Karin.