Mantan Menteri Jokowi Tiba-tiba Bawa Kabar Mencengangkan! Indonesia Siap Susul Jepang jadi Negara 5.0

Oleh : Ridwan | Kamis, 21 Oktober 2021 - 15:30 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Mantan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro menyebut Indonesia optimistis bisa memasuki masyarakat 5.0 seperti yang dialami Jepang. 

Bahkan, ia pun menyebut ada beberapa faktor yang menjadi alasan untuk mencapai ke arah tersebut.

"Ada lebih dari 1.800 start up yang kita punya, beberapa di antaranya menjadi unicorn decacorn. Kita juga punya enterpreneur baru. Itu sebuah kesempatan," kata Bambang dalam acara Jakarta Geopolitical Forum V 2021 bertajuk Culture And Civilization: Humanity at the Crossroads atau Budaya dan Peradaban: Kemanusiaan di Simpang Jalan), Kamis (21/10/2021).

Bambang memaparkan, saat ini Negeri Matahari Terbit itu merupakan negara pertama yg memasuki masyarakat 5.0. Sementara Indonesia saat ini baru memasuki masyarakat 4.0.

Menurutnya, Indonesia memiliki kesempatan menjadi masyarakat 5.0 sebab memiliki tiga sektor potensial. Ketiganya yakni agrikultur, manufaktur dan ICT atau information, communication and technologi.

Akan tetapi, sambung dia, Indonesia juga memiliki tantangan lain. Sedikitnya ada enam hal, antara lain, populasi yang besar, SDM, digital infrastructure, human resource, integrated data base (pentahelix).

"Semoga Indonesia dapat mencapai masyarakat 5.0 seperti Jepang, dengan adanya beberapa teknologi sebagai penunjangnya," pungkasnya.