15 Oktober, Wisatawan Asing Boleh Berkunjung ke India

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 12 Oktober 2021 - 13:45 WIB

INDUSTRY.co.id - Akhirnya setelah ditutup selama satu lebih, India akan membuka kembali kunjungan wisatawan asing pada 15 Oktober 2021. Keputusan besar tersebut diambil sebagai upaya untuk meningkatkan kembali sektor pariwisata India yang anjlok karena pandemi Covid-19.

Dilansir dari laman Times of India, menurut Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), ini akan berlaku untuk wisatawan asing yang bepergian ke India melalui penerbangan charter. Juga dikatakan bahwa orang lain yang datang melalui penerbangan reguler akan diizinkan masuk mulai 15 November dan seterusnya.

Perjalanan masuk akan dimulai dengan semua protokol kesehatan yang ketat. Protokol yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga ini harus diikuti oleh semua wisatawan asing, serta operator perjalanan yang membawa mereka ke India, dan semua pemangku kepentingan di stasiun pendaratan.

Menurut laporan, keputusan ini diambil setelah perwakilan dari pemerintah negara bagian dan berbagai pemangku kepentingan di industri pariwisata telah meminta pemerintah pusat untuk mulai mengeluarkan visa untuk perjalanan ke luar negeri. India akhirnya membuat langkah untuk mengurangi pembatasan perjalanan masuk yang telah ada sejak Maret tahun lalu.

Virus Covid-19 yang menyebabkan banyak kematian di negara itu saat ini tidak aktif seperti pada musim panas 2021. Selain larangan mengeluarkan visa di negara itu, pemerintah juga telah memberlakukan banyak pembatasan lain yang berkaitan dengan perjalanan. 

Sektor perjalanan secara alami dipengaruhi oleh keputusan ini. Namun, dengan keputusan besar yang diambil oleh pemerintah ini, semua itu bisa berubah dalam beberapa bulan mendatang.

Sebagian besar warga India mendapatkan imunisasi vaksin virus corona AstraZeneca, yang diproduksi oleh Serum Institute of India. Ada pula yang mendapat COVAXIN, vaksin yang diproduksi oleh sebuah perusahaan di India.