Makan Yoghurt Salah Satu Hal yang Harus dilakukan Usai Konsumsi Makanan Berkolesterol

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 23 September 2021 - 13:30 WIB

INDUSTRY.co.id - Makanan berkolesterol tinggi memang lezat dan nikmat, bahkan sulit untuk menghindarinya. Tentu saja jika dikonsumsi secara berlebihan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh pada jangka panjang. Kolesterol dapat meningkatkan tekanan darah hingga diabetes.

Maka dari itu, penting untuk mengurangi makan berlebihan dan juga menghindari makanan yang mengandung kolesterol. Tapi, jika tidak tahan atau terpaksa memakan, berikut enam cara yang dapat dilakukan setelah memakannya, seperti dilansir dari Times of India. 

Minum air hangat

Setiap kali sehabis makan yang berkolesterol, cobalah untuk minum air hangat setelah 30-45 menit makan. Menurut para ahli, air bertindak sebagai pembawa nutrisi dan produk limbah juga. Air hangat membantu memecah nutrisi menjadi bentuk yang dapat dicerna, dan merasa lebih ringan. 

Minuman detoks

Cara terbaik untuk menenangkan tubuh adalah dengan minum air lemon. Minuman detoks ini membantu membuang racun yang terakumulasi setelah mengkonsumsi makanan berminyak ataupun berkolesterol. Hal ini juga membantu penurunan berat badan.

Berjalan-jalan kecil

Menurut para ahli, berjalan setelah 20 menit makan berat membantu meningkatkan pencernaan dan juga meningkatkan motilitas perut yang lebih baik dan membantu penurunan berat badan.

Konsumi probiotik 

Pastikan konsumsi beberapa probiotik setelah 20-25 menit makan berat. Probiotik membantu menyeimbangkan kesehatan pencernaan dan meningkatkan flora usus dan kekebalan juga. Probiotik paling efektif adalah yoghurt. 

Konsumi buah-buahan

Setelah jeda 60 menit, jangan lupa konsumsi buah-buahan kaya serat. Karena, buah-buahan membantu menghindari sembelit dan juga meningkatkan sistem pencernaan. Juga, disarankan untuk makan lebih banyak buah dan sayuran dalam beberapa makanan berikutnya untuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

Pastikan menjaga asupan makanan

Setelah kenyang, pastikan bahwa beberapa makanan berikutnya sangat ringan dan mudah dicerna. Disarankan untuk makan-makanan mengandung air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menikmati makanan kaya serat yang dapat memperlancar sistem pencernaan.