Nikmati Sensasi Kopi Joss Ala Lek Man di Yogyakarta

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 23 Mei 2017 - 19:23 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Indonesia, memang memiliki keunikan dalam hal budaya, adat, hingga bermacam-macam kuliner yang disajikan. Salah satunya sajian 'Kopi Joss' yang berasal dari Yogyakarta. Salah satu yang terkenal di Yogyakarta yakni Kopi Joss Lek Man, yang sejak tahun 1960-an sudah membuat warung angkrigan di sekitar jalan Mangkubumi, lalu pindah ke Utara Stasiun Tugu.

Melansir dari odditycentral, Selasa (23/5/2017) Lek Man sendiri, memulai minuman ini digagasi saat Ia sedang membuat kopi seperti biasanya, tetapi saat melihat bara api atau arang yang Ia gunakan untuk merebus air, lalu muncullah ide untuk mencoba memasukkan bara tersebut di dalam kopi.

Dulu, hanya orang-orang tertentu yang ingin mencoba mencicipi minuman khas Yogyakarta ini, tetapi seiring berjalannya waktu, sekarang banyak sekali yang mencoba minuman ini, karena memiliki khasiat yang ciamik dan dapat memabntu meredakan kembung, mual, mulas atau diare.

Bahkan ada siswa yang datang ke tempat Lek Man untuk menganalisa Kopi Joss tersebut, dan hasilnya terdapat kandungan rendah kafein dibandingkan kopi biasa, karena batu bara itu yang menyerap sebagiannya, bahkan dapat menteralisir keasaman kopi.

Kopi Joss Lek Man, di Yogyakarta (Foto:foodandfeast/Facebook)

Hanya dengan harga Rp 4 ribu, Anda bisa mencoba Kopi Joss ini, gimana? berani coba?