MTDL Membukukan Pertumbuhan Laba Bersih di Atas 50 Pertsen

Oleh : Herry Barus | Rabu, 28 Juli 2021 - 12:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Metrodata  Electronics Tbk (“MTDL”  atau Perseroan), emiten Teknologi Informasi  dan Komunikasi (“TIK”) khususnya di bidang  solusi  digital  serta  distribusi  hardware  dan  software, berhasil membukukan laba bersih sebesar  Rp242,8  miliar  pada  Semester  I- 2021  atau  meningkat  55,6%  dibandingkan  dengan periode yang sama pada tahun  sebelumnya.

Pencapaian ini merupakan  hasil dari pertumbuhan masing-masing unit  bisnis Perseroan, yaitu unit bisnis Distribusi  dan unit bisnis Solusi & Konsultasi.

 Susanto  Djaja  selaku  Presiden  Direktur  MTDL mengatakan, “Pada Semester I-2021  kami  terus  membukukan  kinerja  yang  lebih  baik meskipun kondisi perekonomian belum  sepenuhnya normal di tengah pandemi  Covid-19.  Tidak  hanya  pada  laba  bersih,  MTDL juga membukukan pendapatan pada  Semester I-2021 sebesar Rp7,7 triliun atau  meningkat 23,5%. Faktor pertumbuhan  tersebut disebabkan oleh meningkatnya  permintaan berbagai produk dan solusi TIK  dalam rangka mendukung digitalisasi. Oleh  karena itu, MTDL terus menambah produk,  mitra global, dan solusi TIK baru yang  berkualitas.”

Pada Semester I-2021, unit bisnis Distribusi  meraih performa yang baik dengan pertumbuhan  pendapatan  sebesar  24,7%  dan  laba  bersih  84,2%.  Meskipun  supply notebook  masih  belum  sepenuhnya  pulih  karena adanya kelangkaan bahan baku chip  secara  global,  akan  tetapi  MTDL  berhasil  mengimbanginya dengan diversifikasi  produk, seperti Chromebook dan smartphone. 

“Pada  Semester I-2021  penjualan smartphone kami mencapai Rp828  miliar  atau  bertumbuh  98%.  Kami  memasarkan smartphone dengan harga  yang  ekonomis  dan  fitur  aplikasi  Android  terbaru sehingga banyak diminati  masyarakat. Di sisi lain, masa pandemi  mengakibatkan banyak orang  menghabiskan waktu di rumah yang berpeluang mengisi hiburan dengan bermain  game.  Hal  ini  juga  meningkatkan permintaan  produk  gaming  mencapai  lebih  dari  66%,” ujar  Randy  Kartadinata  selaku  Direktur MTDL.