Ninja Xpress Tingkatkan Pertumbuhan Daya Saing UKM di Masa PPKM Darurat

Oleh : Herry Barus | Selasa, 13 Juli 2021 - 10:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Tantangan kepada para pelaku UKM lokal kembali dialami dengan adanya peraturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang telah dimulai tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021, khusus untuk wilayah di Pulau Jawa dan Bali. Seluruh sektor non esensial dan non kritikal ditutup, dan potensi untuk terjadinya lonjakan transaksi di platform digital.

Memahami hal tersebut, Ninja Xpress hadirkan lebih banyak pilihan program layanan loyalitas Ninja Rewards untuk UKM. Ninja Rewards merupakan komitmen Ninja Xpress sebagai bentuk kepedulian kepada para pelaku UKM atau shipper yang setia menggunakan layanan Ninja Xpress, yang diwujudnyatakan dalam berbagai program penghargaan. Kesemua jenis program penghargaan ini diharap mampu membantu pelaku UKM atau shipper untuk berkembang lebih cepat seperti Point Rewards, Creative Hub, Prima Benefit, Aksilerasi, dan Pinjaman Modal.

“Sampai dengan Mei 2021, kami mencatatkan lebih dari 700 ribu shipper atau pelaku UKM telah menggunakan Ninja Xpress. Kami sangat menaruh harapan pada ekosistem UKM yang ada di Ninja Xpress, sehingga di masa PPKM darurat, pelaku UKM dapat tetap semangat dalam berkreasi dan menjalankan bisnis dengan produktif,” ungkap Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress.

Berbagai program Ninja Rewards seperti Creative Hub merupakan wadah khusus fokus bagi UKM yang baru memulai bisnis di media sosial. Beberapa kegiatan yang dilakukan di Creative Hub antara lain adalah nya transfer ilmu dan pengetahuan serta dukungan dalam jasa pemasaran seperti pembuatan konten produk maupun pengembangan konten di akun media sosial UKM. Saat ini, Creative Hub sudah tersedia di Jakarta, Bandung, Bogor, Yogyakarta.

Selain melalui fasilitas Creative Hub, dengan berkaca pada laporan Suara UKM Negeri Ninja Xpress akhir tahun 2020, 50% responden yang didominasi oleh pelaku usaha mikro mengaku menghadapi kendala berupa keterbatasan modal untuk menjalankan usahanya. Mempelajari hal tersebut maka pada awal tahun 2021 Ninja Xpress menginisiasi kerja sama bersama dengan beberapa pemain jasa keuangan seperti Jenius, Pinjam Modal, dan Modal Rakyat memberikan fasilitas permodalan yang aman dan terpercaya untuk memudahkan pelaku UKM dalam mengatasi kendala keterbatasan modal yang tengah dialami.

 

 

 

Selain itu, baru-baru ini Ninja Xpress berkolaborasi dengan Citilink menghadirkan GarudaMiles dalam Point Rewards, sehingga lebih banyak menawarkan pilihan hadiah menarik untuk ditukarkan. Sebanyak 12 kategori dan 400 lebih item hadiah dapat ditukarkan dengan Point Rewards yang dimiliki Shipper atau pelaku UKM. Hadiah tersebut seperti aksesoris, barang elektronik, fashion, gadget, home living, uang muka kendaraan bermotor, office stationery, health and body care, voucher diskon delivery, peminjaman modal hingga penukaran GarudaMiles untuk penerbangan menggunakan maskapai Citilink.

Bagi pelaku UKM yang menggunakan Marketplace akan mendapatkan 1 poin rewards untuk setiap 1 kali pengiriman. Sedangkan untuk Social Commerce akan mendapatkan 2 poin reward untuk setiap 1 kali pengiriman. Tiket GarudaMiles ini berlaku selama 6 (enam) bulan untuk rute domestik dan 12 (dua belas) bulan untuk rute internasional pada penerbangan Garuda Indonesia.

Hingga saat ini, lebih dari 1200 UKM telah terdaftar menjadi member aktif Ninja Rewards dan sudah menikmati fasilitas ini. Ninja Xpress masih terus membuka kesempatan bagi shipper yang ingin bergabung dengan Loyalty Program. Adapun cara bergabung dengan Program ini pelaku UKM telah melakukan pengiriman dengan Ninja Xpress selama satu bulan. Kemudian, shipper akan menerima email untuk pendaftaran program Ninja Rewards. Selanjutnya, Tim Ninja Xpress akan menghubungi lebih lanjut untuk proses pendaftaran. Setelah verifikasi, shipper dapat melihat status keanggotaan Ninja Rewards melalui dashboard akun Ninja Xpress dan aplikasi Point Rewards.

“Melihat tren tahun lalu pada awal pandemi, khususnya pada PSBB diterapkan, kami mencatatkan adanya pertumbuhan volume pengiriman barang sebanyak dua kali lipat dibandingkan dengan keadaan sebelum pandemi, sehingga kami optimis para pelaku UKM dapat tetap menjalankan bisnisnya di tengah PPKM darurat saat ini. Tugas kami yang utama adalah untuk selalu siap bantu agar pengiriman sampai ditujuan, dengan terus mendukung serta meningkatkan semangat para pelaku UKM untuk berkreasi melalui beragam program yang kami tawarkan”, tutup Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress.