Sarapan Oatmeal Lebih Baik dibandingkan dengan Cornflakes, Ini Faktanya!

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 12 Juli 2021 - 11:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Oalahan gandum atau oatmeal dan juga cornflakes (sereal jagung) merupakan beberapa pilihan sarapan yang paling populer bagi banyak orang yang biasanya dicampur dengan susu. Cornflakes memiliki tekstur renyah, sedangkan gandum memiliki tekstur yang kenyal. Baik gandum dan cornflakes dikenal dengan makanan sehat dan bergizi untuk sarapan.

Tapi mana yang pilihan sarapan yang lebih baik? Dilansir dari laman Time of India, berikut perbedaan oatmeal dan cornflakes yang perlu Kamu tahu. 

Oatmeal (gandum)

Kaya nutrisi dan sarat dengan serat, gandum adalah sarapan pokok bagi banyak orang. Gandum pada dasarnya adalah karbohidrat kompleks, sehingga oatmeal akan membuat Kamu lebih kenyang untuk jangka waktu yang lama. Gandum juga mengandung zat besi, thiamin, seng, magnesium dan selenium. Olahan makanan berserat ini secara alami bebas gluten, sehingga sangat cocok untuk orang-orang yang intoleransi gluten.

Cornflakes (sereal jagung)

Dibuat dengan jagung, cornflakes adalah sereal renyah dan disukai oleh orang-orang di seluruh dunia. Cara mengonsuminya pun mudah, cukup tambahkan susu hangat, gula dan siap dalam dua menit. Cornflakes adalah sumber vitamin, folat, karbohidrat, mineral, dan serat makanan yang sangat baik. Serela jagung ini cukup rendah kalori, yang menjadikannya pilihan ideal untuk penurunan berat badan atau Kamu yang sedang diet.

Jadi, mana yang lebih baik dikonsumsi untuk sarapan?

Gandum dan cornflakes keduanya adalah beberapa pilihan yang baik untuk sarapan, tetapi gandum secara keseluruhan adalah pilihan yang lebih baik. Per 100 gram, gandum mengandung 26 gram protein, sedangkan cornflakes mengandung tujuh gram. Gandum lebih baik dalam hal serat juga, karena mengandung 16 gram serat, sementara cornflakes hanya mengandung dua gram. Sementara, satu cangkir gandum mengandung 300 kalori, sedangkan cornflakes hanya mengandung 100 kalori.

Untuk membuat gandum lebih enak dan lebih sehat, tambahkan beberapa buah-buahan cincang ke mangkuk berisi oatmeal Kamu. Gandum dapat dibuat lebih sehat dengan mempermanisnya dengan madu atau stevia. Kamu juga bisa membuat sejumlah resep dengan gandum seperti oatmeal, gandum masala, gandum cheela, smoothie gandum. 

Kamu juga dapat menambahkan beberapa kacang dan biji-bijian seperti almond, kenari, biji chia atau biji labu ke dalam mangkuk cornflakes dan susu. Buah-buahan seperti apel potong, pisang, dan stroberi juga terasa luar biasa jika dicampur dengan cornflakes.