Cara Membuat Saus Tomat Rumahan yang Sehat untuk Anak-Anak

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 15 Juni 2021 - 13:15 WIB

INDUSTRY.co.id - Selain saus sambal, di rumah pasti Kamu sering menyediakan saus tomat botolan. Selain sebgai tambahan untuk bumbu masakan, saus tomat juga sering dipakai untuk teman makan gorengan, kentang, ataupu tempe. Rasanya yang manis dan gurih, membuat saus tomat ebih bisa dinikmati semua kalangan terutama anak-anak.

Saus tomat biasanya dijual di pasar ataupun supermarket dari berbagai merek serta ukuran. Meskipun lezat, kita tidak bisa pungkiri bahwa saus tomat botal ataupun kemasan mengandung bahan pengawet yang tidak bagus untuk kesehatan jika dikonsumsi terus-menerus.

Maka dari itu, lebih baik dan sehat coba buat saus tomat di rumah. Meskipun terlihat susah dan ribet, tapi terjamin kesehatan dan lebih higienis. Dilansir dari laman indianexpress, Chef Kunal Kapur membagikan resep sederhana untuk membuat saus tomat di rumah yang cepat, dan sehat untuk keluarga terutama untuk anak-anak.

Bahan

1 kilogram tomat (potong kecil-kecil)
1 bit (ubi merah/opsional)
1/2 daun bawang (cincang)
3 siung bawang putih
1 ruas jahe (potong kecil)
3 siung bawang putih
1/2 cangkir gula
1/4 cangkir garam
cuka secukupnya
1 cabai merah kering

Cara membuat

Siapkan wajan, masukan potongan tomat kemudian masukan bahan-bahan lainnya. Lalu, masak selama 30 hingga 40 menit sampai tomat dan bahan-bahannya halus dan tercampur rata.

Kemudian, masukan campuran bahan tersebut ke dalam blender. Lalu, blender hingga teksturnya halus seperti saus tomat. Jika dirasa sudah halus, masukan saus tomat ke dalam botol. Saus tomat bisa dicoba sebagai cocolan gorengan, kentang, ayam goreng ataupun tempe goreng. Selamat mencoba.