Hemat Anggaran, Pemerintah Bakal Terapkan e-Government

Oleh : Irvan AF | Rabu, 17 Mei 2017 - 05:19 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pemerintah segera mengimplementasikan sistem layanan pemerintahan elektronik atau e-government terpadu dan tersentral untuk efisiensi anggaran, peningkatan kinerja birokrasi, dan perbaikan layanan publik.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengatakan implementasi e-government terpadu akan dilakukan pada 2017. Ia mengatakan selama ini sistem "e-government" dari kementerian, lembaga, maupun pemerintah daerah masih berdiri sendiri-sendiri. Pembangunan aplikasi pemerintahan yang terpisah-pisah tersebut muncul karena tuntutan masyarakat yang menginginkan pelayanan cepat dan efektif.

Namun, "e-government" yang tidak terpadu semacam itu justru menyebabkan pemborosan anggaran. Asman menaksir 65 persen program dalam aplikasi pemerintahan dapat dipakai bersama-sama atau "sharing" sistem.

"Padahal yang 65 persen itu dari program bisa di-'sharing' saja. Jadi bisa hemat anggaran yang begitu besar," kata Asman di Jakarta, Selasa (16/5/2017).

Selain dinilai mampu menghemat anggaran, sistem aplikasi pemerintahan yang terpadu juga dipandang lebih baik dari sisi keamanan data. (Ant)