Resep Lepet, Makanan Lebaran Khas Masyarakat Jawa Tengah

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 11 Mei 2021 - 15:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Mirip dengan ketupat, lepet merupakan makanan tradisional khas Jawa Tengah yang umumnya tersedia pada saat Idul Fitri. Lepet terbuat dari beras ketan, kelapa parut, dan garam. Kemudian bahan-bahan tersebut dimasak bersamaan lalu setelah matang dimasukkan ke dalam selongsong janur (daun kelapa muda).

Meski teksturnya berbeda dengan ketupat, lepet ini begitu lengket dan memiliki rasa yang lebih gurih karena menggunakan garam. Nah, bagi Kamu yang ingin membuat lepet cocok sekali nih buat yang kangen mudik karena tidak bisa mencicipi lepet di rumah sanak saudara yang berada di Jawa Tengah.

Berikut bahan dan cara membuatnya seperti dilansir dari akun Instagram @dapoersikoko.

Bahan

- 500 gr beras ketan putih
- 100 gr kacang tolo (bisa pakai kacang merah)
- 1/2 bh kelapa, parut memanjang atau searah serat
- 1/2 sdt garam
- janur/daun kelapa muda uuntuk membungkus tutus (tali pengikat dari bambu)

Cara Membuat:

Pertama, rendam beras ketan dan kacang tolo (atau kacang merah) di dalam wadah berbeda semalaman. Keesokan harinya, cuci bersih lalu tiriskan.

Kemudian, campur beras ketan dengan kacang tolo serta kelapa parut, dan garam, aduk hingga rata. Setelah itu siapkan selembar janur, lipat di bagian tengahnya sambil membentuk seperti kantung. Lalu isikan campuran tadi tapi hanya separuh saja. Jika sudah, tutup dan ikan dengan tali pengikat. Kerjakan sampai campuran bahan utama habis. 

Setelah itu siapkan panci besar yang sudah berisi air. Kemudian masukkan lepet dan rebus sampai matang sekitar tiga hingga empat jam. Jika air berkurang, tambahkan lagi supaya tetap terendam selama perebusan. 

Jika dirasa sudah matang, angkat lepet dan tiriskan. Selamat mencoba.