Para Ahli Menyarankan Tetap Jaga Imun Tubuh dengan Konsumsi Suplemen

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 06 Mei 2021 - 17:15 WIB

INDUSTRY.co.id - Di masa pandemi ini meningkatkan imunitas tubuh sangatlah penting, apalagi semakin banyaknya varian Covid-19 baru sudah masuk ke Indonesia yang membuat kita harus lebih waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Tentu, agar tidak terserang berbagai penyakit dan bebas dari Covid-19 salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, dan menyehatkan, tidur teratur serta rajin berolahraga. Selain itu, bisa juga menambahkan asupuan mikronutrien dari suplemen vitamin dan mineral sebelum beraktivitas. 

Menurut DR. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), FAPSR, FISR- Ketua Umum PDPI, mengatakan suplemen vitamin dan mineral sangatlah dibutuhkan oleh tubuh kita, terlebih di masa pandemi ini. Apalagi bagi mereka yang memiliki mobilitas yang tinggi, seperti orang perkantoran yang banyak kesibukan.

"Bagi orang perkantoran yang sibuk, makan saja kadang-kadang. Jadi solusinya konsumsi suplemen sangat dibutuhkan. Maka dari itu suplemen tersebut dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dan befungsi melawan virus," katanya saat acara Webinar bersama Kalbe, di Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Ia juga menambahkan, tidak hanya menurunkan imunitas tubuh kekurangan mikronutrien juga dapat mengakibatkan gangguan pada fungsi sel, dan juga terhambatnya proses penyembuhan penyakit. 

Tidak hanya itu, ia juga menyarankan untuk mengonsumsi suplemen dengan kandungan yang lengkap. Dokter spesialis paru itu juga merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen dalam dosis yang sesuai anjuran dokter.

"Suplemen vitamin dan mineral sebaiknya dikonsumsi di pagi atau siang hari tetapi sesuai anjuran dokter. Sementara bagi orang yang mempunyai riwayat penyakit atau gangguan imun lebih baik berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu," tukasnya.