Menkominfo: Masyarakat Tidak Boleh Fobia Internet

Oleh : Irvan AF | Senin, 15 Mei 2017 - 15:05 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menghimbau masyarakat agar tidak ketakutan atau merasa phobia menggunakan internet sehubungan dengan serangan siber yang telah terjadi secara global beberapa hari terakhir.

Rudiantara menegaskan kementeriannya telah bekerja keras melakukan sosialisasi cara menghindari ransomware Wannacry dan meminimalisasi jumlah komputer yang terinfeksi oleh ransomware ini.

"Jangan sampai ada fobia memakai internet. Masyarakat tidak boleh takut memakai internet," ujar Rudiantara saat memberikan sambutan pada Peringatan HUT ke-21 Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), di Cafe The Pallas, SCBD, Jakarta, Senin (15/5/2017).

Menurut Rudiantara, seperti yang telah disosialisasikan Kemenkominfo, masalah serangan ransomware Wannacry itu solusinya cukup mudah. Hanya dengan memutuskan sebentar komputer dari jaringan internet dan melakukan back up date.  

"Putuskan sebentar, buat back up data, lalu sambungkan lagi. Jangan diputus lalu cari back up seperti kebanyakan laki-laki," seloroh Rudiantara disambut tawa para pengusaha anggota APJII yang hadir.

Rudiantara juga menekankan akan terus menyosialisasikan penggunaan internet secara positif kepada para pengusaha anggota APJII.

"Kami memahami harus terus menyosialisasikan pemakaian internet. Jika tidak, nanti kasihan pengusaha internet kehilangan pelanggan," katanya lagi.(iaf)