Jelang Lebaran, XL Tingkatkan Kapasitas Jaringan Hingga Tiga Kali Lipat Di Beberapa Lokasi Mudik

Oleh : Hariyanto | Senin, 15 Mei 2017 - 11:20 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT XL Axiata Tk (XL Axiata) menyiapkan jaringan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan selama Ramadan dan Lebaran 2017 dengan meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik.

Direktur/Chief Service Management Officer EXCL, Yessie D. Yosetya mengatakan, serangkaian uji jaringan telah dilakukan di berbagai daerah, terutama di area-area yang selama ini mengalami kenaikan trafik saat Ramadan dan libur panjang Lebaran.

"Uji jaringan ini sebagai antisipasi dini guna memastikan kemampuan jaringan milik perseroan dalam menghadapi kemungkinan kenaikan trafik semua jenis layanan," kata Yessie di Jakarta, Jumat (12/5/2017).

Yessie menambahkan, kegiatan uji jaringan ini merupakan agenda rutin yang harus dilakukan setiap saat, namun khusus menjelang Ramadan dan Lebaran, setiap operator memang harus melakukannya lagi karena intensitas pemakaian semua jenis layanan biasanya meningkat secara signifikan.

"Apalagi, ada pula momentum ketika masyarakat melakukan perjalanan pulang kampung secara serentak di mana-mana, yang memunculkan kemungkinan kepadatan di sepanjang jalur mudik. Termasuk potensi adanya peristiwa kemacetan yang parah seperti tahun lalu," ungkapnya.

Secara teknis dari kegiatan uji jaringan akan diketahui keunggulan dan kelemahan jaringan yang ada. Hasil uji jaringan yang telah XL lakukan menunjukkan secara umum jaringan yang ada telah siap untuk melayani pelanggan dan masyarakat selama Ramadan dan Lebaran nanti.

Untuk lebih memastikan lagi kualitas jaringan yang ada, di sejumlah lokasi yang diperkirakan akan mengalami lonjakan trafik, perseroan telah menyiapkan sejumlah rencana penguatan jaringan, diantaranya dengan meningkatkan kapasitas, menambah perangkat serta memanfaatkan teknologi pengalihan kapasitas secara simultan.

"Selain itu, juga akan dilakukan pemantauan secara ketat untuk memastikan jaringan bekerja dengan maksimal," tegas Yessie. (Hry/ Imq)