LAWAN Institute: FPI Sudah Ditumpas, Rizieq Shihab di Jeruji Besi, Ini Saat yang Tepat Ahok jadi Menteri

Oleh : Kormen Barus | Senin, 19 April 2021 - 21:38 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pengamat politik Lingkar Wajah Kemanusiaan (LAWAN Institute), Muhammad Mualimin menyebut, saat ini Presiden Jokowi punya kesempatan emas untuk mengangkat Ahok jadi menteri karena FPI sudah dibubarkan dan Rizieq Shihab menjadi terdakwa.

Selama ini, jelas Mualimin, organisasi radikal kanan FPI yang dikomandoi Rizieq Shihab jadi penghalang utama bagi Ahok yang minoritas untuk mengabdi pada negeri.

''FPI sudah berhasil ditumpas, Rizieq Shihab jadi pesakitan di jeruji besi. Ini saat yang tepat Ahok jadi menteri. Caranya gampang, Jokowi tinggal revisi Pasal 22 UU Nomor 39 Tahun 2008 Tentang Kementerian Negara. Biarpun pernah terpidana, selama aturan diubah tak masalah Ahok masuk kabinet,'' kata Mualimin dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/4/2021).

Mualimin menilai, di tengah maraknya praktik korupsi dan intrik partai politik dalam mendapatkan kekuasaan, sosok Basuki Tjahja Purnama alias Ahok yang blak-blakan, justru dirindukan banyak orang karena terkesan tidak munafik.

''Rakyat muak dengan korupsi dan sandiwara yang dimainkan politisi. Hanya Ahok sosok yang tampil apa adanya. Bicaranya jujur dan tak dipoles. Publik rindu orisinalitas karakter pejabat. Sudah terlalu banyak badut politik. Negarawan palsu sudah waktunya disingkirkan,'' ujarnya.

Ahok yang dulu lantang berhadapan dengan FPI dan Rizieq Shihab, ucap Mualimin, harusnya diganjar dengan kedudukan yang pantas karena berani melawan organisasi kekerasan yang kini sudah dilarang pemerintah.

''Ahok satu-satunya pejabat yang gagah berani berhadapan dengan FPI yang kini ormas terlarang. Harusnya jasanya dihargai dengan pantas, yaitu beri tempat mengabdi pada negara. Jokowi harus angkat Ahok jadi menteri,'' pungkasnya.