Cetak Sejarah! Kawasan Industri Kendal Sukses Antar Dua Tenant-nya Nikmati Manisnya Tax Holiday

Oleh : Ridwan | Selasa, 06 April 2021 - 19:50 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kawasan Industri Kendal yang merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berhasil membantu dua tenant-nya mendapatkan insentif libur pajak atau tax holiday dari pemerintah. 

Adapun kedua perusahaan tersebut yaitu PT Master Kidz Indonesia yang berasal dari Hongkong dan PT Sinar Harapan Plastik yang berasal dari Indonesia. Kedua perusahaan tersebut memproduksi mainan anak. 

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia memberikan banyak fasilitas dan insentif kepada investor yang mau menanamkan investasinya di Kawasan Ekonomi Khusus, salah satunya insentif libur pajak. 

Insentif libur pajak (tax holiday) sendiri diberikan mulai dari 10 sampai 20 tahun tergantung dari besarnya nilai investasi.

Head of Sales and Marketing Kawasan Industri Kendal Juliani Kusumaningrum mengatakan, upaya tersebut menjadi bukti nyata bahwa pengelola Kawasan Industri Kendal telah menjalankan fungsinya dengan baik. 

"Dengan berhasilnya dua tenant mendapatkan tax holiday ini, menjadi bukti komitmen Kawasan Industri Kendal yang siap memberikan kenyamanan dan keamanan berusaha bagi investor yang ada," terangnya di Menara Batavia, Selasa (6/4/2021)

"Dari 15 KEK di Indonesia dari barat sampai ke timur, Kawasan Industri Kendal termasuk pionir yang membantu tenant mengajukan mendapatkan tax holiday," tambah Juliani.

Ke depan, terangnya, akan lebih banyak lagi perusahaan di Kawasan Industri Kendal yang mengajukan insentif fiskal setelah beberapa syarat terpenuhi.

"Mereka sekarang masih ada yang dalam tahap konstruksi, dan menang ada regulasinya mengajukan tax holiday, mereka ajukan sebelum beroperasi secara komersil. Jadi nanti akan diikuti tenant lainnya," papar Juliani. 

Lebih lanjut, Juliani menegaskan selain dapat mengajukan tax holiday, perusahaan yang berinvestasi di KEK Kendal juga mendapatkan keuntungam lainnya seperti upah minimum regional (UMR) yang kompetitif, serta banyaknya tenaga kerja produktif. 

"Artinya, KEK Kendal merupakan tempat yang layak dipertimbangkan untuk lokasi investasi. Kami juga sudah kompak dengan Pemerintah Kabupaten Kendal untuk memberikan kemudahan perizinan investasi dan kenyamanan wilayah baagi investor," tutupnya.