Renovasi Gunakan APBN Rp511 Miliar, The New Istiqlal Diharapkan Membawa Paradigma Baru

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 24 Februari 2021 - 11:34 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta, Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa pelaksanaan renovasi Masjid Istiqlal pada tahun 2019-2020 menggunakan dana dari APBN sebesar Rp511,4 miliar. Selain itu, pemerintah juga memberikan anggaran untuk menunjang kegiatan sebesar Rp15 miliar pada tahun 2021.

“Saya berharap, sumbangan APBN di dalam merenovasi dan memunculkan Masjid Istiqlal sebagai sebuah masjid dengan paradigma baru akan benar-benar bisa dimanfaatkan oleh seluruh umat dan jamaah,” kata Menkeu secara daring dalam Acara Milad ke-43 Masjid Istiqlal dengan tema "The New Istiqlal Memberdayakan Umat untuk Kemajuan Bangsa", Senin (22/2).

Menkeu juga mengapresiasi adanya kegiatan baru, terutama program pendidikan kader ulama perempuan yang yang difokuskan melakukan kajian kesetaraan gender dalam perspektif ajaran Islam.

“Ini adalah salah satu inovasi dan pemihakan yang sangat-sangat membesarkan hati,” ujar Menkeu.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin turut hadir dan menyampaikan harapannya bahwa The New Istiqlal akan membawa paradigma baru, yaitu sebuah perubahan paradigma di mana bukan hanya umat yang memberdayakan masjid, namun masjid akan memberdayakan umat. Menkeu menambahkan, masjid terbesar se-Asia Tenggara tersebut akan menjadi pusat peribadatan dan peradaban, juga dapat mendukung kegiatan-kegiatan ekonomi, sosial dan pendidikan.

“Selamat atas Milad ke-43 Masjid Istiqlal. Semoga seluruh perhatian dan juga dukungan pembangunan yang diberikan untuk Masjid Istiqlal akan bisa memberikan manfaat bagi seluruh umat manusia dan bisa meningkatkan peradaban umat manusia yang menciptakan Islam sebagai rahmatan lil’alamin,” kata Menkeu.