Terkait Pembubaran Ormas HTI

Oleh : Umbu Pariangu | Selasa, 09 Mei 2017 - 09:49 WIB

INDUSTRY.co.id - Sikap yang dilakukan pemerintah dengan membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Senin (8/5/2017)  adalah tindakan yang sangat tepat dan strategis.

Ini sebagai cara progresif pemerintah Presdien Joko Widodo untuk menghadang benih-benih antikebinekaan yang selama ini mulai mengganggu stabilitas sosial, politik dan keamanan NKRI.

Potensi antikebhinekaan sudah di level yang genting karena generasi muda termasuk pelajar kita sudah ikut terpapar oleh paham-paham radikalisme yang menyesatkan.

Proses politik pilkada yang menjadi penentu konsolidasi demokrasi pun sudah direcoki oleh benih-benih primordial, sektarianisme. Gejolak radikalisme ini jika ditolerir terus-menerus oleh pemerintah justru akan membuat para kelompok provokator yang ingin membuat NKRI berumur pendek, akan terus memperoleh ruang baginya untuk bermetamorfosa.

Di sisi lain saya ragu, kalau proses pembubaran HTI lewat proses hukum yang ada karena jalur yang dilewatinya terlalu lama, dan ini tidak berdampak bagi munculnya iktikad baik pemerintah untuk serius membubarkan ormas-ormas yang bertentangan dengan pancasila dan UUD 1945, sehingga selama ini upaya pembubaran terhadap ormas-ormas yang bermasalah tidak pernah serius dijalankan.

Umbu Pariangu (Dosen Fisip Universitas Nusa Cendana, Kupang)