Lewat Pengembangan Produk, Menperin Agus Pastikan Penyandang Disabilitas Tersenyum

Oleh : Ridwan | Rabu, 17 Februari 2021 - 12:47 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Meteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan akan mendorong pengembangan produk-produk atau peralatan yang dibutuhkan oleh teman-teman peyandang disabilitas.

Hal tersebut dikatakan Menperin Agus saat menerima kunjungan Aktivis dan pejuang Hak-hak Peyandang Disabilitas, Yuktiasih Proborini di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta (16/2/2021).

"Hari ini saya kedatangan tamu Mbak Proborini, teman saya seorang aktivis dan pejuang hak-hak peyandang disabilitas. Pembicaraan kami adalah seputar pengembangan produk atau peralatan yang dibutuhkan oleh teman-teman peyandang disabilitas," kata Agus seperti dijutip laman Instagramnya @aguagumiwangk. 

"Contohnya, kursi roda listrik bisa diproduksi di dalam negeri untuk mengurangi ketergantungan terhadap impor," tambahnya.

Dalam pertemuan tersebut, ungkap Agus, pihaknya juga berkomitmen untuk terus membantu perekonomian teman-teman peyandang disabilitas dengan program-program IKM, serta program vokasi agar ada penyerapan tenaga kerja industri yang berasal dari peyandang disabilitas.

"Kami juga membahas bagaimana bisa membantu perekonomian teman-teman penyandang disabilitas dengan program-program yang ada di Kemenperin," terangnya.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih yang juga turut hadir mendampingi Menperin Agus mengapresiasi komitmen Menteri Perindustrian.

"Semoga dengan pertemuan ini kami bisa membantu teman-teman penyandang disabilitas untuk semakin berperan dalam perekonomian," tutur Gati.