Tegas & Lantang Bicara Soal Investasi di LPI, Sri Mulyani: Kita Tidak Pinjam Uang Mereka

Oleh : Ridwan | Selasa, 16 Februari 2021 - 19:15 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menjelaskan bahwa Lembaga Pengelola Investasi (LPI) adalah sebuah instrumen investasi baru di Tanah Air. Oleh karenanya, para calon partner dari LPI harus bersama-sama berinvestasi atau menanamkan modalnya di Indonesia.

"Kita tidak meminjam uang mereka. Tapi mereka menginvestasikan bersama-sama kita," kata Sri Mulyani dalam keterangan pers di Istana Negara, Jakarta, Selasa (16/2).

Lebih lanjut, Sri Mulyani yang juga Ketua Dewan Pengawas LPI mengatakan, terbentuknya LPI adalah cara pemerintah agar tidak terlalu tergantung kepada leverage atau pinjaman. 

Oleh karena itu, lanjutnya, karena LPI sifatnya adalah bersama-sama melakukan investasi, maka membutuhkan suatu proses cukup detail.

"Investasi pasti membutuhkan suatu proses yang sangat detail," ujarnya.

Bendahara Negara itu menambahkan, selama proses pembentukan LPI pemerintah sudah dapat berbagai macam minat dari investor dari beberapa fund besar di dunia. Mereka semua menyampaikan keinginannya dan bahkan menyebut nilai yang ingin dimasukan ke LPI.

"Jadi pada saat ini kita sudah ada beberapa fund yang bahkan melakukan expression of interest dengan menulis surat langsung kepada saya dan Pak Erick," jelasnya.

Sri Mulyani sadar, potensi LPI sangat besar. Oleh sebab itu, pemerintah masih menahan diri dan mempertimbangkan berbagai minat investor dari negara-negara di dunia. 

"Namun mungkin untuk tujuan kita hari ini kita akan mendisclose, karena menurut saya kita akan selesaikan rumahnya sambil kita akan bicara secara teknis," tuturnya.