Ya Ampun, Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta! Pengusaha: Bisa Gulung Tikar Kalau Begini Terus...

Oleh : Ridwan | Selasa, 26 Januari 2021 - 18:35 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kasus Covid-19 yang mencapai angka 1 juta di Indonesia membuat ketar-ketir kalangan dunia usaha. Bila kondisi seperti ini terus berlarut-larut, mereka khawatir bisnisnya makin terpuruk dan perlahan-lahan gulung tikar.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani dalam sebuah webinar bertajuk Akselerasi Pemulihan Ekonomi: Kebangkitan Investasi dan Perdagangan, Selasa (26/1/2021).

"Bagaimana pun juga, waktu-waktu terakhir ini memang cukup merisaukan karena rumah sakit penuh, penyebaran cepat sekali dan sangat dekat dengan kita sehari-hari. Ini sangat merisaukan kami selaku pengusaha dan sangat menghambat kemajuan kita," katanya.

Menurut Hariyadi pandemi yang sudah berlangsung 11 bulan ini telah membuat banyak kalangan pengusaha harus menutup operasionalnya.

"Di lapangan banyak yang sudah berguguran karena tidak sanggup mengelolanya. Jadi jalan keluar yang dipilih oleh sebagian adalah menghentikan usaha atau istilahnya hibernasi," ujarnya.

Namun demikian, Hariyadi tetap optimistis bahwa ekonomi pada tahun ini akan jauh lebih baik, mengingat program vaksinasi sudah dijalankan pada wal tahun. Kemudian kehadiran UU Cipta Kerja juga dianggap menambah kepercayaan diri para pengusaha.

"Kami melihat yang akan lebih optimis di 2021 ini adalah UU Cipta Kerja dan Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Indonesia Investment Authority (INA). Dua komponen ini jadi penggerak investasi yang menurut saya cukup menarik di 2021," terang Haryadi.

Sekadar diketahui, berdasarkan data Kementerian Kesehatan, yang dipublikasikan Humas BNPB, Selasa (26/1/2021), total kumulatif kasus Covid-19 di indonesia telah berjumlah 1.012.350.