Menginjak Usia ke-31, Ini Berbagai Inovasi yang Dilakukan Allianz Utama Indonesia

Oleh : Hariyanto | Kamis, 24 Desember 2020 - 11:06 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Menginjak usia ke 31 tahun, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) terus meningkatkan layanan terbaik bagi para nasabahnya di seluruh Indonesia dengan menyediakan solusi asuransi umum komprehensif yang mencakup asuransi kendaraan, properti, perjalanan, dan lainya.

"Inovasi yang dijalankan oleh Allianz Utama selalu mengedepankan kebutuhan konsumen yang menginginkan kemudahan dan kenyamanan dalam berasuransi,” kata Peter van Zyl, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (24/12/2020).

Salah satu inovasi yang dikembangkan oleh Allianz Utama adalah mengembangkan sebuah terobosan baru bagi nasabah, yakni Portal Klaim Digital untuk asuransi kendaraan bermotor dan asuransi perjalanan. Melalui portal ini, Nasabah dapat merasakan proses pengajuan klaim yang jauh lebih mudah dan status pengajuan klaim dapat dipantau melalui Portal Klaim.

Selain pengembangan portal klaim digital, Allianz Utama juga menawarkan layanan baru yaitu layanan video call interaktif untuk survei klaim asuransi kendaraan bermotor dan asuransi properti, serta untuk survei penutupan asuransi properti.

Layanan ini mampu menjangkau nasabah di wilayah yang lebih luas dan jauh, dengan lebih cepat, mudah, dan aman. Terutama di saat masih harus menerapkan physical distancing, karena nasabah atau mitra bisnis tidak perlu bertemu secara langsung dengan surveyor Allianz. Selain itu, nasabah juga dapat merasakan proses klaim dan penutupan secara lebih efektif dan efisien.

“Kami sadar bahwa, dalam proses transformasi ini kita tidak dapat memuaskan semua pihak.  Namun untuk bertahan di industri, berani berubah adalah salah satu kuncinya. Caranya dengan meyakinkan bahwa kami mampu dan berani mewujudkan tujuan, salah satunya dengan membekali SDM di Allianz Utama dengan pelatihan-pelatihan yang akan meningkatkan keahlian, baik secara teknis maupun non teknis,” lanjut Peter.

Selain melakukan pengembangan inovasi digital dan kapasitas SDM, Allianz Utama menggandeng mitra bisnis yang memiliki presence kuat di dunia digital, seperti Gojek, Pasar Polis, dan JD.ID.

“Era digital menuntut perusahaan asuransi beradaptasi dalam mengembangkan bisnis dan layanan, tidak terkecuali Allianz Utama. Kami terus menggali potensi untuk mengembangkan segmen pasar dan mempersiapkan produk-produk inovatif yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini,” ungkap Peter.