WOM Finance Bersama Maybank Indonesia Permudah Akses Layanan Pembayaran Digital

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 06 Oktober 2020 - 08:08 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF) atau WOM Finance bekerja sama dengan PT Bank Mayapada Indonesia Tbk (BBII) menyediakan akses pembayaran angsuran secara digital melalui sistem Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Itu dilakukan WOM Finance untuk memudahkan para konsumennya dalam membayar angsuran mereka.

Sejak 2 Oktober 2020, WOM Finance sudah dapat menerima pembayaran angsuran melalui QRIS di lima Kantor Layanan WOM Finance di wilayah Daan Mogot, Kemayoran, Rawamangun, Ciputat dan Tangerang. Kantor-kantor Layanan tersebut telah dibuka kembali oleh perseroan agar dapat kembali memberikan layanan kepada para konsumennya.

Pembukaan kembali Kantor-kantor Layanan tersebut pada awal Oktonber 2020 merupakan salah satu strategi perseroan yang dilaksanakan pada triwulan keempat 2020. Langkah tersebut dilakuan di beberapa Kantor Layanan yang berlokasi di daerah-daerah potensial. Kegiatan Kantor Layanan yang telah kembali berjalan meliputi kegiatan operasional dan pemasaran. Semua pelaksanaannya akan disesuaikan dengan fase adaptasi kebiasaan baru.

Presiden Direktur WOM Finance, Djaja Suryanto Sutandar, mengemukakan, perkembangan positif penanganan pandemik virus corona (Covid-19) sudah mulai terlihat. Karena itu, WOM Finance mulai menjalankan bisnisnya secara bertahap. Ada 15 Kantor Layanan yang siap dibuka kembali dengan melaksanakan protokol kesehatan pemerintah.

Adapun kelima belas Kantor Layanan yang sudah siap dibuka kembali meliputi daerah Pamulang, Rajeg, Cisauk, Tambun, Gunung Putri, Krian, Waru, Rungkut, Kertosono, Batu Aji, Tembung, Gowa, Maros, Gombong dan Banjarnegara serta beberapa daerah lainnya.

“Kelima belas Kantor Layanan tersebut akan kembali beroperasi karena wilayahnya masih berpotensi besar. Melihat kondisi ini, manajemen menganalisis dampak dan potensi wilayah-wilayah tersebut secara hati-hati agar pengoperasian kembali Kantor Layanan tersebut dapat berdampak signifikan bagi kinerja perseroan tahun ini,” papar Djaja dalam siaran pers, Senin (05/10/2020).

Djaja mengungkapkan, sebelum Kantor-kantor Layanan tersebut dibuka kembali, manajemen WOM Finance telah menyiapkan protokol kesehatan dan penerapan physical distancing untuk karyawan maupun konsumen yang datang bertransaksi.

Protokol kesehatan yang diterapkan manajemen WOM Finance sama seperti yang diterapkan pemerintah pada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yakni penggunaan masker, sarung tangan dan face shield oleh petugas frontliner, pengecekan suhu tubuh konsumen dan karyawan, penempatan hand sanitizer, membuat jarak antrian antar konsumen serta memasang penyekat akrilik pada meja teller dan customer service.

“Kami telah menerapkan protokol yang ketat pada pengoperasian seluruh Kantor Layanan agar konsumen merasa aman dan nyaman bertransaksi. Kami yakin pengoperasian kembali Kantor Layanan tersebut akan memberikan solusi keuangan yang tepat dan terpercaya sesuai kebutuhan. Di masa Pandemi saat ini, kami juga siap memberikan layanan sebagai mitra keuangan yang handal dan profesional,” tegas Djaja.

Sementara itu, demikian Djaja, mulai Oktober 2020, pembayaran melalui QRIS akan diberlakukan secara nasional di seluruh Kantor Cabang perseroan. Konsumen dapat melakukan pembayaran angsuran berbasis kode QR dengan menggunakan 16 e-wallet atau e-money dan 22 mobile banking. Penggunaan kode QR dalam pembayaran sangat membantu konsumen melakukan pembayaran secara cepat, efisien dan real time.

Selain menggunakan kode QR, WOM Finance juga bekerjasama dengan beberapa marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak, agar konsumen juga dapat membayarkan angsurannya melalui kedua platform marketplace tersebut.

“Kini kami masih terus menjajaki kerjasama dengan marketplace lain. Kerjasama dengan platform marketplace akan terus kami kembangkan. Pasalnya, seiring dengan era adaptasi kebiasaan baru ini, maka kebutuhan digital pun berkembang semakin dinamis,” jelas Djaja.

Djaja menuturkan, penerimaan pembayaran melalui platform marketplace ini adalah langkah optimal manajemen perseoran untuk menambah akses kemudahan sistem pembayaran konsumen.

“Kami berharap, kemudahan transaksi digital tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh konsumen setia WOM Finance,” imbuh Djaja.

Karena itu, di tengah pandemik Covid-19 ini , WOM Finance menghimbau agar konsumen bertransaksi secara digital maupun melalui channel payment. Konsumen dapat melakukan pembayaran melalui kanal pembayaran via online yang telah tersedia, yaitu melalui transfer bank atau juga lewat minimarket, seperti Indomaret dan Alfamart.

Konsumen yang ingin mengetahui informasi terkini tentang WOM Finance dapat mengakses website www.wom.co.id. Kantor Layanan WOM Finance tetap beroperasi terbatas dengan menyesuaikan jam operasional, yakni Senin hingga Sabtu pukul 09.00 - 15.00 WIB. (Abraham Sihombing)