Bandingkan Jumlah Kasus Covid-19 dengan Negara Lain, Menteri Muhadjir: Kita Tidak Terlalu Parah, Harus Kita Syukuri Keadaan Ini

Oleh : Candra Mata | Kamis, 01 Oktober 2020 - 10:03 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengemukakan bahwa jumlah kasus positif virus covid-19 di Indonesia tidak terlalu parah, mengingat besarnya jumlah populasi indonesia yakni keempat didunia.

"Indonesia memiliki jumlah penduduk terbesar nomor 4 di dunia, tapi dalam kasus ini (Covid-19) kita ada di urutan 21-22 sementara negara penduduk besar lainnya ada di urutan 1, 2, 3," kata Muhadjir seperti dikutip dari Kompas.com pada Rabu (1/10).

Menurutnya, Amerika dengan penduduk terbesar ketiga di dunia saja berada diposisi pertama atau terbanyak jumlah kasus coronanya.

"Begitu juga dengan negara India, yang menempati urutan kedua setelah AS. Negara Brazil yang jumlah penduduknya nomor lima di dunia, menempati urutan ketiga sebagai negara dengan jumlah kasus terbanyak," ungkapnya.

"Harus kita syukuri keadaan ini. Alhamdulilah perkembangan kasus tidak mengalami kenaikan eksponensial seperti yang dibayangkan akan berlipat ganda dari waktu ke waktu tapi relatif landai meski ada naik-turun," jelasnya.

"Kondisi masih terkendali," pungkas Muhadjir.