Sedan Listrik Lucid Air Sajikan Kemewahan dan Bertenaga Optimal

Oleh : Herry Barus | Minggu, 13 September 2020 - 14:00 WIB

INDUSTRY.co.id - California -- Lucid Motors, bertekad untuk menjadi standar baru bagi transportasi yang ramah lingkungan melalui kendaraan listrik (EV) mewah dan mutakhir, pada hari ini merilis rincian produksi Lucid Air yang sangat ditunggu-tunggu. Hal ini dilakukan lewat web broadcast global dari kantor pusatnya di Silicon Valley.

Lucid Air berhasil menjadi tolok ukur industri yang baru dalam segmen EV dan mobil mewah, terutama untuk aspek kinerja, efisiensi, dan desain. Sedan mewah terbaru yang sepenuhnya bertenaga listrik ini akan mulai dikirimkan kepada pelanggan pada Musim Semi 2021.

"Lucid Motors ingin membuat mobil listrik yang lebih baik guna mempercepat mobilitas yang ramah lingkungan di seluruh industri. Pengembangan mobil listrik yang termutakhir di dunia akan menguntungkan semua orang dengan transportasi berkelanjutan dan tanpa emisi. Lebih lagi, berbagai pelanggan baru akan tertarik memakai EV," jelas Peter Rawlinson, CEO & CTO, Lucid Motors. "Dengan kehadiran Lucid Air, kami membuat halo car bagi seluruh industri, yakni mobil dengan fitur terkini yang terwujud berkat teknologi dan kinerja EV pada jenjang baru."

Memanfaatkan Ruang untuk Menghasilkan Udara

Lucid Air menjalankan pendekatan revolusioner dalam automotive packaging yang disebut Lucid Space Concept. Pendekatan ini memanfaatkan miniaturisasi atas sistem penggerak (drivetrain) EV yang dikembangkan Lucid untuk mengoptimalkan ruang pada interior mobil. Konsep tersebut penting bagi arsitektur Lucid Electric Advanced Platform (LEAP) sebagai platform Lucid Air dan mobil-mobil Lucid mendatang. Pendekatan ini bersifat holistis dan benar-benar baru dalam pengembangan konstruksi EV, tanpa memakai solusi "off the shelf" yang lazim ditemui pada EV buatan produsen otomotif ternama.

Lucid membuat motor listrik yang lebih kecil sekaligus lebih bertenaga. Hal ini secara otomatis meningkatkan pengemasan seluruh sistem penggerak listrik. Dengan demikian, Lucid mampu menambah kelegaan dan kenyamanan penumpang. Langkah tersebut berasal dari filosofi hyper-efficiency yang dianut di setiap aspek Lucid Air, mulai energi hingga efisiensi ruang, sehingga menghasilkan kombinasi yang luar biasa antara jarak tempuh, kepraktisan, kinerja, dan kemewahan. 

Pendekatan Space Concept juga menghasilkan proporsi Lucid Air yang istimewa dan modern, tanpa bergantung pada gaya desain otomotif yang biasa ditemui. Sebaliknya, Lucid Air tampil sebagai mobil yang keren dan terlihat sangat unik di jalanan.

 

"Saat kami merintis Lucid Motor dan mengembangkan mobil pertama, Lucid Air, kami menolak untuk berkompromi. Sejak awal, kami ingin mengupayakan pencapaian terbaik dalam kinerja, inovasi, dan kemewahan," jelas Derek Jenkins, VP, Design, Lucid Motors. "Hasilnya, kami menciptakan mobil terbaik di dunia, dan jumlah pemesanan telah membuktikannya. Lebih lagi, kami mengerjakan semuanya tanpa pernah mengorbankan keistimewaan Lucid Air sebagai mobil panutan yang betul-betul tercipta dari nol, hingga memanfaatkan keleluasaan desain yang disediakan arsitektur EV."

Sarat Inspirasi

Terinspirasi dari California, semangat negara bagian ini tak hanya terdapat dalam produk-produk Lucid Motor, namun juga pengalaman ritel dan digital yang didesain merek tersebut. Seperti arti namanya, Lucid tergerak dari prinsip yang melihat segala sesuatu dari sudut berbeda, dan mewujudkan impian-impian ini. Konsep tersebut terlihat dari slogan merek "Dream Ahead" yang menjadi visi perusahaan untuk menolak status quo, serta selalu berinovasi dalam teknologi EV.

"Merek Lucid tercipta dengan pola pikir progresif dan post-luxury, ideal untuk memenuhi pesatnya kebutuhan para pembeli yang paling progresif. Kami menuju masa depan dimana konsumen cerdas menganggap aspek keberlanjutan, desain mutakhir, dan inovasi teknik sama pentingnya dengan aspek-aspek kemewahan pada umumnya, seperti kualitas dan teknik produksi," tutur Jenkins. "Kami menilai Lucid berada di garis depan dalam peralihan selera konsumen. Kini, konsumen menginginkan merek-merek baru yang menawarkan hubungan langsung serta produk dengan teknologi, kinerja, dan desain yang sepenuhnya baru."